DPRD Bengkalis Undang Sejumlah Perusahaan Rapat Terkait Penanganan Karhutla

DPRD Bengkalis Undang Sejumlah Perusahaan Rapat Terkait Penanganan Karhutla

Suasana rapat antara Komisi I DPRD Bengkalis dengan perwakilan perusahaan.

Jum'at, 06 Maret 2020 08:16 WIB
Junaidi
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Dalam upaya membahas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Bengkalis, Komisi I DPRD Bengkalis mengundang beberapa perusahaan, Selasa (3/3/2020) kemarin. Anggota DPRD H Aryanto yang pada saat itu didaulat membuka pertemuan meminta kepada seluruh peserta rapat untuk memberikan solusi terkait penanganan karhutla ini.

Kemudian Ketua Komisi I Zuhandi yang juga hadir berharap kepada perusahaan-perusahaan melalui program CSR dapat membantu Kabupaten Bengkalis dalam menanggulangi bencana karhutla berupa alat pemadam kebakaran karena standarnya setiap kecamatan harus memiliki alat tersebut. ”Semoga mesin pompa itu bisa terealisasi dalam waktu dekat,” kata dia.

Anggota dewan lainnya, Al Azmi dan Ketua Komisi III H Adri, turut memberi pandangan. Mereka menyebut akan menunggu konfirmasi dari perusahaan dengan bekerjasama dengan dinas terkait. ”Harap segera ditindaklanjuti karena ini merupakan tanggung jawab bersama,” kata Adri.

Anggota Komisi I Sanusi mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Bengkalis yang mau memberikan dukungannya melalui program CSR. Dia minta kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk mengiventarisir perusahaan-perusahaan yang menjalankan kontrak di Chevron.

”Berapa perusahaan yang masih aktif hingga 2021? Karena ini merupakan tanggung jawab pemerintah daerah, langkah apa yang dapat diambil ke depannya. Apakah ada forum khusus yang menangangi karhutla?" tandasnya.

Pada kesempatan itu, perusahaan-perusahaan yang hadir seluruhnya memberikan dukungan kepada program pemerintah daerah untuk menangani karhutla dan sebagian dari perusahaan yang hadir sebenarnya telah melakukan beberapa penanganan seperti pembentukan MPA (Masyarakat Peduli Api) dengan dibekali peralatan yang memadai dan program-program lainnya.

Mengenai bantuan peralatan untuk setiap kecamatan perwakilan perusahaan mengatakan akan mengkonfirmasi kembali dan memberi jawaban dalam waktu dua pekan setelah rapat tersebut.

Perusahaan yang hadir yakni; PT BOB, PT SSS Siak Kecil, PT Surya Dumai, PT Meskom Sejati, PT Rifansi Dwi Putra, PT Pertamina UP II, PT Arara Abadi, PT Pelindo I Cabang Dumai, PT Adei, PT Bukit Batu Hutani Alam, PT Sekato Pratama Makmur, dan PT Satria Perkasa Agung.

Terlihat hadir dalam rapat ini, Danramil 01 Bengkalis Mayor Arm Bismi Tambunan, Kabagren Polres Bengkalis Kompol Risman, camat se-Kabupaten Bengkalis, Disnaker, BPBD, Damkar, BPKAD, PUPR, dan Bappeda. ***

wwwwww