Home > Berita > Siak

Bupati Siak Minta Penghulu di 34 Kampung Bangun Perpustakaan Pakai Dana Desa

Bupati Siak Minta Penghulu di 34 Kampung Bangun Perpustakaan Pakai Dana Desa

Bupati Siak Allfedri.

Selasa, 25 Februari 2020 17:46 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Sebanyak 34 kampung (desa) dari 122 kampung di Kabupaten Siak, Riau, belum memiliki perpustakaan desa. Karena program ini menjadi salah satu prioritas Bupati Siak Allfedri, maka dia meminta penghulu (kepala desa) untuk membangun dengan memakai dana desa.

”Sejauh ini kita sudah melaksanakan arahan Mendagri agar tiap kampung memiliki perpustakaan. Dari 122 kampung yang ada di Kabupaten Siak, tinggal 34 kampung lagi yang belum memiliki perpustakaan," kata Alfedri, Selasa (25/2/2020).

Alfedri meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) mengarahkan penghulu kampung yang belum mempunyai perpustakaan di kampungnya untuk memprioritaskan anggaran pembangunan perpustakaan.

”Bagi kampung yang belum memiliki perpustakaan, saya berharap para penghulu kampungnya dapat mengalokasikan anggaran dari dana desa mulai tahun 2020 ini,” ucap Alfedri.

Pengembangan perpustakaan hingga ke tingkat kampung dilakukan kata Alfedri untuk menandakan literasi berperan penting dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, mandiri dan mampu berdaya saing di era global. Hal ini sesuai dengan peran strategis perpustakaan dalam mewujudkan masyarakat berpengetahuan dan berkeahlian.

”Kita sedang berupaya mengubah mindset masyarakat bahwa perpustakaan itu tidak hanya sebagai gudang buku. Melainkan tempat akselerasi dan sarana transfer ilmu pengetahuan,” ujarnya. ***

Kategori : Siak, Pemerintahan
wwwwww