Home > Berita > Riau

Roda Pemerintahan Riau Terganggu karena KASN Belum Serahkan Hasil Assessment

Kamis, 06 Februari 2020 06:23 WIB
roda-pemerintahan-riau-terganggu-karena-kasn-belum-serahkan-hasil-iassessmentiGubernur Riau Syamsuar.

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Belum kunjung turunnya hasil assessment dari Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) berdampak terganggunya roda pemerintahan di lingkungan pemerintah provinsi Riau karena sampai saat ini belum bisa berjalan dengan sempurna di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Menurut Gubernur Riau Syamsuar, hal itu disebabkan adanya nomenklatur baru dari susunan organisasi dan tata kerja (SOTK) belum semua terisi.

Dia bercerita, pada 2019 pihaknya mengadakan evaluasi terhadap 25 pejabat tinggi pratama yang proses assessment-nya telah dituntaskan tim panitia seleksi. Oleh pemprov, hasil seleksi itu diserahkan ke KASN. Persetujuan dari KASN itulah yang sekarang ditunggu.

”Kami ini, walau bagaimana pun KASN ini bagian dari pemerintahan kita, dalam hal penempatan pejabat harus mendapatkan persetujuan mereka. Sampai saat ini kita belum mendapatkan hasilnya, dan Riau terganggu. Tapi tidak hanya kita saja, daerah lain juga,” ucap gubernur, di Pekabbaru (5/2/2020).

Selain menunggu hasil assessment pejabat eselon II dari KASN, Gubernur Riau juga masih menyusun jabatan pejabat eselon III dan IV untuk tahap kedua. Sebelumnya telah dilantik ratusan pejabat eselon III dan IV untuk mengisi posisi di SOTK yang baru dan juga yang lama.

”Tak banyak lagi nih, nanti ada lagi di bulan Februari ini dilanjutkan,” imbuhnya. Akibat dari lambatnya hasil assessment tersebut, kata Syamsuar, banyak kepala OPD enggan untuk mengomentari setiap kegiatan yang dijalankan.

Karena sampai saat ini belum jelas jabatan definitif setelah dilakukannya assessment. Apalagi saat ini ada SOTK baru yang harus dikukuhkan dulu agar bisa menjalankan kegiatan.

”Kami saat ini tiarap dulu, belum jelas ke mana ditempatkan. Kegiatan yang kami jalankan baru sebatas kegiatan wajib saja, kalau yang lain belum,” ujar salah seorang pejabat yang enggan disebutkan namanya. Tidak hanya jabatan pejabat eselon II, tapi juga jabatan pejabat eselon III dan IV, masih banyak yang kosong. ***

Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww