Hadir pada Doa Padang Kenegerian Koto Rajo, Bupati Kuansing Respons Kendala Kurangnya Benih Padi

Minggu, 02 Februari 2020 20:16 WIB
Kasmalinda
hadir-pada-doa-padang-kenegerian-koto-rajo-bupati-kuansing-respons-kendala-kurangnya-benih-padiBupati Kuansing Mursini menyalami warga yang menyambutnya setibanya di temat acara Doa Padang di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Ahad (2/2/2020)/ISTIMEWA.

KUANTAN HILIR SEBERANG, POTRETNEWS.com — Masyarakat Kenegerian Koto Rajo Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, kembali mengadakan doa bersama sebelum turun ke sawah, di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Ahad (2/2/2020).

Tradisi doa bersama di Kuansing tersebut merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh masyarakat setempat di setiap memasuki masa tanam padi.

Bupati Kuansing H Mursini yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut menyatakan bahwa kegiatan doa tersebut merupakan hal yang baik.

Dia mengapresiasi kegiatan silaturahmi doa bersama jelang masa tanam padi yang rutin dilakukan masyarakat Kenegerian Koto Rajo tersebut.

Harmidi selaku Penghulu Mudo Kenegerian Koto Rajo, dihadapan Bupati menjelaskan, maksud dan tujuan dalam doa Padang ini merupakan cara untuk meminta kepada yang Maha Kuasa agar benih padi yang akan ditanam berhasil sesuai harapan.

”Acara doa padang ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan silaturahmi di tengah masyarakat," ujar Harmidi.

Sementara itu, Camat Kuantan Hilir Seberang, Novrion turut menyampaikan kendala yang dihadapi kalangan petani dengan ketiadaannya benih padi. ”Hal ini disebabkan musibah banjir tahun 2019 lalu sebanyak dua kali terjadi sehingga menyebabkan gagal panen," ungkap Novrion.

Menjawab kendala yang dihadapi petani, bupati menanggapi permintaan tersebut agar Dinas Pertanian memenuhi kekurangan benih padi di wilayah tersebut. ”Nanti diganti melalui dana desa,” pungkas bupati. ***

wwwwww