Home > Berita > Riau

Agung Laksono Minta Pengurus Golkar Tak Tetapkan Calon Kepala Daerah Pilkada di Riau Berdasarkan Perkoncoan

Agung Laksono Minta Pengurus Golkar Tak Tetapkan Calon Kepala Daerah Pilkada di Riau Berdasarkan Perkoncoan

Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, sekaligus Ketua Umum PPK Kosgoro Agung Laksono. (MEDCOM.id)

Minggu, 26 Januari 2020 17:15 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, sekaligus Ketua Umum PPK Kosgoro Agung Laksono menekankan kepada pengurus partainya untuk tidak ada lagi mahar politik di pilkada.

Menurut dia Pilkada 2020 mesti serius dihadapi Golkar untuk memenangkan Pemilu 2024. Hal ini ditegaskan Agung Laksono saat membuka Musda Kosgoro 1975 di Pekanbaru Sabtu (25/1/2020) malam, menurutnya kedepannya harus dihindari semaksimal mungkin politik transaksional.

”Yang perlu dilihat itu apa misi yang dibawa calon untuk kepentingan rakyat,” ujar Agung Laksono. Mantan Ketua DPR itu menambahkan tidak ada lagi penetapan bakal calon nantinya berdasarkan pertemanan dan perkoncoan, apalagi pakai mahar politik.

”Jadi hindarkanlah hal itu, jangan sampai ada politik transaksional, kita harus mengusung kader sendiri yang berkualitas,” ujar pria yang perna menjabat Menpora dan Menko Kesra, itu.

Tentunya lanjut Agung Laksono semuanya berdasarkan hasil survei, ketika ada kader yang surveinya tinggi harus diusung untuk maju, semua kekuatan yang ada di partai Golkar menurutnya harus dikerahkan.

”Karena hasil survei itu menentukan, masyarakat menginginkan pemimpin seperti apa, jadi hasilnya itu saja untuk objektivitas,” ucap Agung Laksono.

Ketua Dewan Pertimbangan Presiden ini juga mengharapkan untuk sembilan pilkada di Riau, Golkar bisa memenangkan kadernya di sSembilan pilkada. ”Tentu berharap dari sembilan itu delapan kita harus jadi, sanggupkah semuanya?, kita mesti siapkan yang terbaik sehingga berhasil,” jelas Agung.

Sementara pada pertemuan Kosgoro Sabtu malam di Pekanbaru itu juga diperkenalkan sejumlah anggota Kosgoro yang juga kader Golkar akan maju di pilkada di Riau.

Di antaranya; Indra Gunawan Eet di Pilkada Bengkalis, Adi Sukemi Pilkada Pelalawan, Ahmad Syah Harrofie di Pilkada Bengkalis, Indra Putra maju di Pilkada Kuansing, serta beberapa nama lainnya.

Wakil ketua DPD I Golkar Riau Masnur pada kesempatan itu menyampaikan, untuk proses penjaringan di partai Golkar sendiri sudah mulai dilakukan ditingkat DPD II dari sembilan daerah tersebut.

”Jadi nanti diplenokan di DPD II dan dibawa nama ke DPD I selanjutnya diplenokan untuk dibawa ke pusat,” ungkap Masnur. Pihaknya juga akan memanggil nama-nama yang dianggap potensial maju tersebut untuk diwawancarai lebih dalam, terutama kader Golkar sendiri yang diutamakan untuk diusung.

Partai juga menurut Masnur sudah menetapkan lembaga survei yang akan menyurvei bakal calon, dari hasil survei inilah nantinya ditentukan siapa calon yang diusung partai di pilkada. ”Jadi survei ini juga sebagai upaya agar tidak ada perpecahan di internal partai, akan kelihatan siapa yang layak diusung, sehingga tidak semua ngotot, dan bagi yang membelot sudah jelas akan disingkirkan,” pungkas Masnur. ***

Berita ini telah terbit di tribunnews.com dengan judul ”Agung Laksono Minta Pengurus Golkar Hapus Mahar Politik di Pilkada Riau”

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Politik
wwwwww