Home > Berita > Siak

Pengunjung Luar Siak Kagumi Keindahan Hock Siu Kiong, Salah Satu Kelenteng Tertua di Riau

Pengunjung Luar Siak Kagumi Keindahan Hock Siu Kiong, Salah Satu Kelenteng Tertua di Riau

Masyarakat memadati depan kelenteng.

Sabtu, 25 Januari 2020 21:45 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com — Ratusan orang memadati Kelenteng Hock Siu Kiong di Kelurahan Kampungdalam, Kota Siak Sri Indrapura, Sabtu (25/1/2020) malam. Tidak hanya warga setempat, pengunjung dari Kabupaten Bengkalis, Pelalawan hingga Kota Pekanbaru juga datang ke sini.

Bahkan, pantauan potretnews.com di lokasi, tidak hanya warga keturunan Tionghoa saja yang datang ke kelenteng tertua nomor dua di Riau ini, namun masyarakat berbagai suku dan agama berbondong-bondong datang ke sini.

Menurut salah satu warga Kabupaten Pelalawan, Rina Puji Astuti (28), dirinya datang beserta keluarga lantaran ingin melihat keindahan kelenteng tersebut. Apalagi berdasarkan catatan sejarah, katanya, kelenteng yang dibangun pada 1879 ini menjadi salah satu lokasi wisata di Siak.

”Saya datang ke sini dengan keluarga. Baru kali ini pula saya lihat kelenteng ini di malam hari. Dari dulu, saya ke Siak siang hari. Ternyata sangat indah kelenteng ini di malam hari," kata Rina ditemui potretnews.com di Kelenteng Hock Siu Kiong, Sabtu malam.

Oleh karena itu, dia dan keluarganya tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berfoto di bawah ratusan lampu lampion yang terpasang di sana. Hal senada juga diungkapkan Gris Natalie (37) warga Kabupaten Bengkalis yang mengatakan bahwa ia bersama keluarganya memang setiap Tahun Batu Imlek pasti datang bersembahyang ke kelenteng ini.

”Kebetulan keluarga saya ada di sini. Maka tiap tahun kita sekeluarga datang ke Siak dan sambilan sembahyang di sini," tuturnya.

Tidak hanya melihat ratusan hiasan lampu lampion saja yang ada di kelenteng tersebut, namun lokasi kelenteng ini juga persis di depan taman dan Turap Singapura. Di sana juga terlihat sejumlah aparat keamanan dari Kepolisan Sektor Siak yang berjaga di sekitar kelenteng untuk memastikan keamanan lokasi. ***

Kategori : Siak, Umum
wwwwww