PotretNews.com Senin 24 Februari 2020
Home >  Berita >  Inhil

Indragiri Hilir Kecipratan Rp4,2 Miliar dari APBN untuk Bangun Puskesmas Desa Sungairaya

Indragiri Hilir Kecipratan Rp4,2 Miliar dari APBN untuk Bangun Puskesmas Desa Sungairaya

Bupati Indragiri Hilir HM Wardan dan Wakil Bupati H Samsudin Uti meninjau Puskesmas Desa Sungairaya.

Jum'at, 24 Januari 2020 08:15 WIB
Muhammad Yusuf

TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Bupati Indragiri Hilir HM Wardan meresmikan penggunaan Puskesmas Desa Sungairaya Kecamatan Batangtuaka, Kamis (23/1/2020).

Dengan beroperasinya puskesmas tersebut, memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat sekitar.

Terlihat hadir dalam peresmian tersebut, Wakil Bupati H Samsudin Uti, Kadiskes Inhil H Zainal Arifin SKM M Kes, kepala OPD, camat dan Upika Kecamatan Batangtuaka dan masyarakat setempat yang antusias ikut menyaksikan acara tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Inhil HM Wardan menyampaikan, sektor kesehatan menjadi salah satu program prioritas dalam masa kepemimpinannya. Sejak mulai menjabat pada periode pertama dia sudah mengintruksikan kepada Kadiskes untuk melakukan evaluasi dan inventarisir puskesmas yang ada.

”Saat saya menjabat pada awal kalau kondisi UPT Puskesmas memprihatinkan. Sarana dan alat kesehatan sangat tidak memadai. Meski begitu dari 2014-2019 revitalisasi 14 Puskesmas," ujarnya.

Menurut Wardan, meski anggaran APBD sangat terbatas, itu tidak menghalangi pemda untuk membenahi sektor kesehatan. Dirinya bersama Kadiskes bekerja keras untuk mencari dana APBN untuk membangun dan merevitalisasi bangunan puskesmas yang ada.

”Khusus untuk bangunan Puskesmas Desa Sungairaya ini memakan dana Rp4,2 miliar, dan semua mengguanakan dana APBN,” tutur Wardan.

Pada kesempatan itu bupati juga menyebut, untuk tahun 2020 Rumah Sakit Puri Husada Tembilahan juga mendapat bangunan baru dengan Rp47 miliar, dan sekarang proses lelang sedang berlangsung. Kalau nantinya bangunana itu siap, tentu pelayanan akan semakin baik.

”Dengan berbagai kemajuan yang telah kita capai, saya berharap kepada tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan terbaik. Kedepankan pendekatan emosional dan psikologis, hingga akan masyarakat merasa senang ketika berobat,” ucapnya lagi.

Terkait dengan ruas jalan penghubung antara Desa Sungairaya ke Tembilahan yang kondisinya memprihatinkan, Bupati berjanji untuk memperbaikinya. Meski anggaran tidak masuk di tahun ini, ke depan akan tetap akan fokuskan.

Sementara Kadiskes Inhil Zainal Arifin dalam sambutannya mengatakan, bangunan puskesmas Desa Sungairaya sangat bagus, bahkan lebih bagus puskesmas yang ada di ibu kota kecamatan yakni Sungaipiring. Untuk itu dia meminta kepada seluruh jajaran di puskesmas ini untuk memberikan pelayanan yang baik.

”Kalau kepala puskesmas sering tidak berada di tempat, tolong lapor, kita akan berikan sanksi keras kalau itu sampai terjadi,” katanya. Dalam kesempatan berbeda Kepala Desa Sungairaya, Kartini menyebut sangat bersyukur sekali karena di desanya sudah ada puskesmas.

”Hari ini Desa Sungairaya sudah memiliki puskesmas dengan fisik bangunan yang begitu mendukung dan fasilitas alat kesehatan yang memadai, dan yang terpenting masyarakat Desa Sungairaya tidak perlu lagi jauh-jauh mencari puskesmas ketika sakit,” ucapnya.

Kartini berharap dengan adanya puskesmas di desa bisa memberikan pelayanan yang baik dan maksimal. ”Semoga dengan adanya puskesmas yang dibangun dengan menggunakan dana yang tidak sedikit, Pelayanan kepada masyarakat tentu diharapkan lebih baik dan maksimal. Karena percuma puskesmas dibangun dengan dana yang tidak sedikit tapi tak bisa memberikan pelayanan yang baik,” pungkasnya. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Inhil, Pemerintahan
Loading...
www www