Home > Berita > Umum

Gapura Kampung Batik Karya Unindra Diharapkan Dongkrak Perekonomian Desa Gemeksekti Kebumen

Gapura Kampung Batik Karya Unindra Diharapkan Dongkrak Perekonomian Desa Gemeksekti Kebumen
Jum'at, 24 Januari 2020 13:21 WIB
Abdul Roni

POTRETNEWS.com — Membawa misi pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu pilar Tridarma Perguruan Tinggi, Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (pemkab) Kebumen.

Unindra menaruh perhatian khusus kepada kabupaten Kebumen di dalam pengembangan wilayah tersebut. Salah satu yang disasar adalah percepatan pengembangan kawasan wisata Geopark Karangsambung-Karangbolong (GKK) Kebumen, Jawa Tengah.

Saat ini Unindra sedang mengerjakan pembangunan gapura di sebuah desa bernama Gemeksekti di Kebumen yang mayoritas masyarakatnya memiliki keterampilan sebagai perajin batik selain bertani.

”Faktanya di situ sudah ada kampung batik. Berkaitan pengembangan wilayah Kebumen ini, selain Geopark Karangsambung-Karangbolong, juga pemberdayaan ekonomi masyarakat termasuk ada home industry (industri rumahtangga) yaitu berupa kampung batik,” kata Rektor Unindra Prof Dr H Sumaryoto kepada potretnews.com, Selasa (21/1/2020).

Dengan monumen gapura itu, imbuh Sumaryoto, diharapkan menjadi suatu stimulus bagi masyarakat sehingga akan lebih memberdayakan dan mengembangkan industri batik. Karena nanti juga ada mengangkat mengenai koperasi. UKM ini yang pada saatnya akan dikembangkan, karena Kebumen tercatat secara statistik sebagai (daerah) paling miskin di Jawa Tengah.

Sementara itu, Kepala Tim dari Unindra yang dipimpin oleh Dosen Fakultas Teknik Unindra, Tulus Wijayanto ST MM, mengatakan, pembangunan gapura yang diprakarsai antara Pemkab Kebumen dengan Unindra diharapkan menjadi identitas dan sebagai penanda bahwa di daerah tersebut terdapat sebuah kampung batik.

”Dibangunnya gapura ini bertujuan sebagai tanda adanya kerja sama antara Unindra dengan Pemkab Kebumen. Lalu memberitahukan kepada masyarakat di Indonesia, khususnya Jawa Tengah bahwa Kebumen memiliki daerah yang masyarakatnya sebagai perajin batik. Kemudian, dengan adanya gapura sebagai tanda bahwa Desa Gemeksekti merupakan kawasan dari Geopark Karangsambung-Karangbolong,” ujar Tulus beberapa waktu lalu.

Turut sertanya Unindra dalam pembangunan Gapura Prasasti ini, menurut Tulus, merupakan bagian dari program Abdimas (pengabdian kepada masyarakat).

”Ini salah satu dari program Abdimas Unindra. Perguruan tinggi kita turut serta memulai dengan mengusulkan ide, desain, anggaran dan pelaksanaannya secara langsung dimotori oleh prodi Teknik Arsitektur Unindra,” jelasnya.

Pembangunan Gapura Prasasti Kampung Batik di Desa Gemeksekti ini rencananya rampung pada pekan kedua Februari 2020 dan bakal diresmikan oleh Bupati Kebumen sekaligus dilakukan penandatanganan prasasti gapura bersama Rektor Unindra pada pekan ketiga di bulan yang sama. ***

Kategori : Umum
wwwwww