PotretNews.com Senin 27 Januari 2020
Home >  Berita >  Inhu

Curah Hujan Indonesia Masih Tinggi, Indragiri Hulu Dilanda Kebakaran Hutan dan Lahan

Curah Hujan Indonesia Masih Tinggi, Indragiri Hulu Dilanda Kebakaran Hutan dan Lahan

Gambar hanya ilustrasi. (KORANKALTARA)

Rabu, 15 Januari 2020 08:16 WIB

POTRETNEWS.com — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) masih mengimbau sejumlah wilayah di Indonesia dengan peringatan hujan, baik intensitas sedang maupun lebat.

Beberapa wilayah terkena banjir dari awal tahun 2020 hingga menyebabkan jumlah pengungsi yang sangat banyak. Namun berbeda dengan Riau, kini sudah memasuki musim kemarau.

Data yang dikutip dari laman Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) bahwa mulai terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah kawasan Riau.

Sampai pada Selasa, 14 Januari 2020 saja terjadi kebakaran satu titik di Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indagiri Hulu. Lahan yang terbakar di antaranya lahan gambut berupa semak belukar dengan luas kurang lebih 10 hektar. Pemadapan api dilakukan oleh Satuan Petugas Karhutla yang terdiri dari TNI, Manggala Agni, BPBD, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan dibantu oleh unsur masyarakat. ***

Dalam memadamkan api, dikerahkan 60 orang yang terdiri dari BPBD Inhu 15 orang, Kodim Inhu 10 orang, Polres Inhu 20 orang, Manggala Agni 10 orang, MPA 2 orang, dan masyarakat yang terdiri dari 2 orang.

Korem melaporkan bahwa sampai Senin, 13 Januari 2020 sudah ada sekitar 60 hektar lahan terbakar dengan 51 hektar sudah padam da sisanya masih proses pendinginan.

Sementara pantauan dari Lapan sendiri terjadi sebanyak 130 titik api dari tanggal 1 hingga 14 Januari 2020 pukul 21.00 WIB. Dengan titik sebarannya di Kabupaten Bengkalis 38 titik, Kota Dumai 27 titik, Kabupaten Pelalawan 24 titik, Kabupaten Inhil 11 titik.

Kemudian Kepulauan Meranti 9 titik, Kabupaten Siak 5 titik, Kabupaten Inhu 5 titik, Kabupaten Rohil 4 tiitik, Kabupaten Bengkalis 1 titik, Kampar 1 titik dan Kbaupaten Kuantan Sengingi 1 titik. Sedangkan pantauan pada 14 Januari 2020 di Riau sudah terjadi 9 titik kebakaran. Yakni 5 titik di Pulau Rupat, 3 titik di Kuala Kampar, dan 1 titik di Kuala Indigiri. ***

Berita ini telah terbit di pikiran-rakyat.com dengan judul ”Curah Hujan Indonesia Masih Tinggi, Riau Dilanda Kebakaran Hutan dan Lahan”

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Inhu, Lingkungan
Loading...
www www