PotretNews.com Sabtu 30 Mei 2020
Home >  Berita >  Riau

PKMS Prodi Akuntansi Umri Bantu UKKM Membuat Laporan Keuangan

PKMS Prodi Akuntansi Umri Bantu UKKM Membuat Laporan Keuangan

Tim Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) Umri foto bersama pemilik UMKM.

Minggu, 15 Desember 2019 21:26 WIB
Muhamad Maulana

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Melalui Tim Pengabdian Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS), Program Studi (Prodi) Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Kali ini pada usaha jahit pakaian Rumah Jahit Nia di Jalan Merak I Nomor 4 Tangkerang Labuai, Sabtu (7/12/2019).

Tim PKMS Umri yang diketuai Siti Rodiah SE MSc dengan anggota; Zul Azmi SE MSi Ak CA yang juga merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dosen Akuntansi Wira Ramashar SE MAk Umri yang masing-masing memiliki keahlian sangat diperlukan dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

Siti Rodiah menjelaskan, PKMS mengusung tema Literasi Keuangan tentang Teori Entitas Bisnis (pemisahan pencatatan antara keuangan milik pribadi dengan milik usaha) serta Pelatihan Penyusunan Biaya Pokok Produksi kepada Pemilik Rumah Jahit Nia, yaitu Irsyadi Zain dan Nia Indriani.

Dia mengatakan, literasi keuangan terkait teori entitas bisnis ini sangat diperlukan oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM) karena masih banyak sekali UMKM yang belum memisahkan pencatatan antarkeduanya.

Ketika UMKM belum melakukan hal tersebut, imbuh Siti Rodiah, maka UMKM tidak dapat mengetahui dengan pasti berapa keuntungan atau kerugian yang didapatnya. Selain itu, tim pengabdian prodi akuntansi ini juga melakukan pelatihan dalam menyusun biaya pokok produksi. Penyusunan biaya pokok produksi ini merupakan tahap awal dalam penyusunan laporan laba rugi.

”Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini merupakan salah satu dari Tridarma Perguruan Tinggi yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Umri,” ujarnya. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Riau, Umum
Loading...
www www