Melintasi Rengat, Pemerintah Berencana Bangun Tol Pekanbaru-Jambi

Melintasi Rengat, Pemerintah Berencana Bangun Tol Pekanbaru-Jambi

Gambar hanya ilustrasi. (TIRTO.id)

Minggu, 01 Desember 2019 21:08 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pemerintah berencana membangun tol Pekanbaru-Jambi, selain proyek tol Pekanbaru-Dumai, dan Pekanbaru-Padang.

Ruas tol yang melintasi Rengat ini diprediksi mencapai sepanjang 205 kilometer. Saat ini tim konsultan sedang bekerja di lapangan untuk menentukan trasenya.

Tim konsultan ini lah yang melakukan survei dan kajian, ke mana tol Pekanbaru-Rengat yang bermuara di Provinsi Jambi ini akan melintas.

”Mereka (tim konsultan) yang mengkaji tol itu nanti pilihan lewat mana. Itulah tim konsultan yang menetapkannya. Sekarang mereka sedang bekerja di lapangan," kata Sekretaris Perusahaan Hutama Karya (HK) Muhammad Zulfan akhir pekan lalu.

Jika hasil survei penetapan trase dan penetapan lokasi yang dilakukan oleh tim konsultan ini selesai awal tahun depan, maka proses pembangunan tol Pekanbaru-Rengat ke Jambi ini sudah bisa mulai dikerjakan awal tahun depan.

”Mudah-mudahan, kalau awal tahun depan selesai, kita akan langsung mulai pembangunanya," katanya. Begitu juga dengan tol Pekanbaru-Padang ditargetkan penetapan lokasi atau penloknya selesai akhir tahun ini.

Jika penlok sudah selesai dan sudah disetujui oleh gubernur Riau, maka pihaknya pun siap memulai pembangunan.

”Kalau Penlok disetujui Desember, awal tahun kita mulai pembangunnya, target dua tahun selesai," katanya.

Saat ini, diakui Fauzan, untuk pembebasan lahan yang masuk ke wilayah Sumbar masih menemui banyak kendala. Sehingga proses pembangunnya kemungkinan besar akan di mulai dari Pekanbaru dan Kampar. Sambil menunggu proses ganti rugi lahan di wilayah Sumbar selesai.

”Pembebasan lahan yang di Seksi I Padang-Sicincin itu banyak hambatan. Makanya kita berinisiatif mulai dari Pekanbaru-Bangkinang menuju ke Pangkalan,” sebutnya.

Seperti diketahui, jalan tol Pekanbaru-Padang terbagi menjadi enam seksi dangan panjang tol 255 kilometer. Dimulai Seksi I Padang-Sicicin, kemudian Seksi II Sicicin-Bukittinggi, Seksi III Bukittinggi-Payakumbuh, Seksi IV Payakumbuh-Pangkalan, seksi V Pangkalan-Bangkinang dan terakhir Seksi VI Bangkinang-Pekanbaru. ***

Berita ini telah terbit di pekanbaru.tribunnews.com dengan judul "Tak Hanya ke Padang, Tol Pekanbaru-Jambi Juga Bakal Dibangun. Bakal Melintas di Rengat"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww