PotretNews.com Senin 27 Januari 2020
Home >  Berita >  Umum

Gubernur Ini Ancam Potong Tangan Pelaku Perambah Hutan

Gubernur Ini Ancam Potong Tangan Pelaku Perambah Hutan

Ilustrasi. (SINDONEWS.com)

Selasa, 26 November 2019 10:40 WIB

POTRETNEWS.com — Jika umumnya gubernur hanya memberi pernyataan normatif kepada para pelaku perambah hutan secara liar di wilayahnya, kepala daerah yang satu ini benar-benar beda.

Gubernur Nusa Tenggara Timur ( NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat, secara tegas akan memberi sanksi potong tangan kepada para pelaku perambah hutan secara liar di wilayahnya.

”Kalau saya yang dapat pelakunya, pasti kita akan potong tangannya," tegas Viktor, Selasa (26/11/2019). Selain itu, dia meminta aparat penegak hukum memberikan sanksi tegas kepada para pelaku perambah hutan.

”Kami belum merinci secara detail daerah-daerah yang kerap dijadikan sasaran oleh pelaku perambah hutan." ujarnya.

Dia menjelaskan, pembalakan hutan diakibatkan karena masyarakat tidak diberdayakan secara ekonomi. Karena itu, lanjut Viktor, ekonomi masyarakat yang berada di sekitar hutan harus dikembangkan, baik di sektor pertanian, peternakan dan perkebunan.

Viktor sedang mengkaji upaya tersebut untuk memberikan lapangan kerja kepada masyarakat sekitar agar tingkat perkonomiannya meningkat. Hal itu diharapkan kasus perambahan hutan ke depan tidak terjadi.

”Kalau kita hanya berbicara menjaga dan melarang-larang tetapi mereka tetap miskin, maka mereka akan tetap merambah hutan. Solusinya bagaimana meningkatkan perekonomian mereka," pungkasnya. ***

Berita ini telah terbit di kompas.com dengan judul "Gubernur Viktor Laiskodat Ancam Potong Tangan Pelaku Perambah Hutan"

Editor:
Muhammad Amin

       
        Loading...    
           
Kategori : Umum
Loading...
www www