Seekor Gajah Ditemukan Mati di Areal PT Arara Abadi Tualangmuandau Bengkalis

Seekor Gajah Ditemukan Mati di Areal PT Arara Abadi Tualangmuandau Bengkalis

Ilustrasi. (INTERNET)

Selasa, 19 November 2019 19:39 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Seekor gajah sumatera liar ditemukan mati di areal PT Arara Abadi (Sinarmas Grup) di wilayah Desa Tasikserai, Kecamatan Talang Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kepala Bidang Wilayah II Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Heru Sutmantoro mengatakan, bangkai gajah ditemukan pada, Senin (18/11/2019) kemarin.

”Kami dapat laporan pengawas tebang (PT Arara Abadi). Saat itu pekerja perusahaan menemukan bangkai gajah, setelah mencium bau busuk," kata Heru, Selasa (19/11/2019), dilansir kompas.com.

Atas laporan itu, BBKSDA Riau menurunkan tim ke lokasi, yang terdiri dari dokter hewan dan pawang gajah. Heru menyebutkan, saat ini tim masih menyelidiki penyebab kematian gajah di areal perusahaan grup Sinarmas tersebut.

"Di samping itu, kami juga berkoordinasi dengan Balai Penegakan Hukum LHK Wilayah Sumatera dan sudah menurunkan tim untuk melakukan pengumpulan bahan dan keterangan terkait kematian satwa tersebut," kata Heru.

Lokasi gajah mati itu berada pada wilayah populasi gajah di Giam Siakkecil-Balairaja. Hal itu diketahui setelah dilakukan survei dan monitoring jumlah populasi gajah liar, yang saat ini diperkirakan 40 ekor.

”Sebagian besar populasi gajah berada di wilayah konsesi PT Arara Abadi, yang merupakan hutan tanaman industri dengan jenis tanaman eukaliptus dan akasia," sebut Heru. Saat ini, sebagian petak pada konsesi tersebut dilakukan kegiatan pemanenan (harvesting).

Namun, saat ditanya apakah gajah yang mati itu masih ada gading, Heru mengaku tim masih melakukan pemeriksaan. "Untuk detailnya, kami masih menunggu hasil pemeriksaan tim medis," ujar Heru.

Sementara itu, Humas Arara Abdi Sinarmas Forestry Nurul Huda seperti dikutip dari bisnis.com menyatakan belum bisa memberikan keterangan mengenai penemuan bangkai gajah tersebut. ”Saya baru saja cuti, belum tahu informasinya,” tutur Nurul, lalu menyatakan akan segera mencari informasi untuk menyampaikan pernyataan kepada pers. ***

Artikel ini sudah terbit di kompas.com dan bisnis.com

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Bengkalis, Peristiwa
wwwwww