Titik Panas Menurun Drastis, Status Siaga Darurat Karhutla Riau Berakhir Besok

Titik Panas Menurun Drastis, Status Siaga Darurat Karhutla Riau Berakhir Besok

Pengendara kendaraan bermotor melintas di jalan Soekarno Hatta ketika kabut asap pekat dampak karhutla menyelimuti Kota Pekanbaru, Riau. (ANTARA)

Rabu, 30 Oktober 2019 19:38 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau, berakhir besok, Kamis, 31 Oktober 2019. Jumlah titik panas sudah menurun dan kondisi relatif bisa dikendalikan.

"Jika dibandingkan dengan Jambi dan Sumatera Selatan, (dampak karhutla) Riau sudah dapat dikendalikan" kata Wakil Komandan Satuan Tugas Karhutla Riau, Edwar Sanger, melansir Antara via meddom.id, Rabu (30/10/2019).

Edwar menjelaskan satgas alam akan menggelar rapat koordinasi guna membahas status siaga darurat karhutla Riau bersama Gubernur Riau.

Data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika(BMKG) Stasiun Pekanbaru, pada Rabu pagi, pukul 06.00 WIB, satelit Terra Aqua masih mendeteksi 10 titik panas yang jadi indikasi awal karhutla.

Lokasi titik panas tersebar di Kabupaten Pelalawan sebanyak lima titik, Indragiri Hilir tiga titik, dan Indragiri Hulu dua titik panas. Namun, dari 10 titik tersebut hanya memiliki tingkat kepercayaan (level confidence) 50 persen. Sedangkan jumlah titik panas di Sumatera Selatan jauh lebih banyak yakni ada 31 titik. ***

Berita ini telah tayang di gatra.com dengan judul "Siaga Darurat Karhutla Riau Berakhir Besok"

Editor:
Akham Sophian

wwwwww