PotretNews.com Kamis 21 November 2019
Home >  Berita >  Umum

Ular Raksasa Ditemukan Warga Bengkalis di Kebun Sawit dalam Kondisi Tak Bisa Bergerak karena Kekenyangan

Ular Raksasa Ditemukan Warga Bengkalis di Kebun Sawit dalam Kondisi Tak Bisa Bergerak karena Kekenyangan

Ular piton yang diselamatkan petugas. (DOK. BBKSDA RIAU)

Rabu, 23 Oktober 2019 16:41 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menyelamatkan ular piton rakasa usai makan babi. Ular itu tak bisa bergerak dan terlihat kepanasan sehingga harus dibawa petugas untuk dirawat. Kejadian ini berlangsung pada Selasa (22/10), di Desa Api-api, Kecamatan Bukitbatu, Bengkalis, Riau. Piton itu terlihat di salah satu perkebunan sawit.

”Awalnya ular piton ini ditemukan oleh warga yang disapa mbah Mulyono. Ular berada di area perkebunan sawit masyarakat yang selanjutnya dilaporkan ke kita," kata Kepala BBKSDA Riau, Suharyono, Rabu (23/10/2019).

Atas laporan tersebut, sambung Haryono, pihaknya menurunkan tim ke lokasi. Lokasi ular piton tersebut berada di perkebunan sawit, sekitar hutan Suak Margasatwa Bukitbatu. ”Kondisi ular saat ditemukan usai memakan babi. Ular tersebut panjangnya kira-kira 8 meter. Karena diduga baru makan babi, ular tersebut kesulitan untuk berjalan," kata Haryono.

Petugas bersama warga, meminta bantuan alat berat di sekitar perkebunan sawit untuk membuatkan embung. ”Gunanya agar ular tidak kepanasan, karena kondisinya susah bergerak. Makanya ular sempat dimasukkan dalam embung sebelum dievakuasi," ujar Haryono.

Setelah peralatan evakuasi lengkap, katanya, ular kembali diangkat dari embung. Setelah keluar, ular tersebut masukan dalam bok oleh tim yang selanjutnya dievakuasi dengan mobil. ”Ular tersebut dibawa ke Kantor Bidang Wilayah II Siak. Karena saat tidak memungkin dilepas di SM Bukitbatu,” pungkas Haryono. ***

Berita ini telah tayang di detik.com dengan judul "Petugas Selamatkan Ular Piton yang Tak Bisa Bergerak Usai Mangsa Babi"

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Umum, Bengkalis
       
        Loading...    
           
www www