Home > Berita > Siak

Giliran Partai Demokrat Siak Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Ini Jadwalnya

Giliran Partai Demokrat Siak Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Ini Jadwalnya

DPC Partai Demokrat resmi membuka penjaringan Cakada Siak.

Rabu, 16 Oktober 2019 21:40 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com - Setelah Partai Nasdem dan PDIP, giliran DPC Partai Demokrat Kabupaten Siak yang membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah (cakada) 2020.

Formulir bakal calon bupati dan wakil bupati dapat diambil di sekretariat DPC, Jalan Tengku Buang Asmara, Kampung Rempak, Siak Sri Indrapura.

”Kita buka mulai hari ini. Sebenarnya kalau arahan DPD Riau Senin (14/10) kemarin. Tapi dengan berbagai pertimbangan, maka di Siak tidak dilakukan hari Senin dan dilaksankan hari ini," kata Ketua DPC Partai Demokrat Siak, Syamsurizal kepada potretnews.com, Rabu (16/10/2019).

Syamsurizal mengatakan, pendaftaran dibuka untuk umum tidak membatasi golongan dan ditutup pada 30 Oktober mendatang.

”Jadwal pendaftaran 16 hingga 30 Oktober. Sementara pengambilan berkas 1-11 November. Dan verifikasi berkas 16-19 November,” sebut Anggota DPRD Siak ini.

Tidak sampai di situ, untuk memperbaiki berkas, partai besutan SBY ini pun memberikan waktu kepada pendaftar dari tanggal 20 hingga 30 November.

”Pengumuman lulus secara administrasi, akan diumumkan pertengahan Desember,” tuturnya.

Sementara untuk biaya, kata Syamsurizal, sesuai dengan kesepakatan DPD Riau, setiap pengembalian formulir, para pendaftar bakal dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2,5 juta.

”Itu hanya biaya administrasi. Selebihnya tak ada biaya lain," imbuh dia.

Syamsurizal juga memastikan, pihaknya akan bekerja keras memenangkan calon yang mendapatkan rekomendasi dari DPP Partai Demokrat.

Bahkan, 14 cabang dan 131 ranting yang ada di Kabupaten Siak, akan ikut menangkan calon yang didukung partai berlambang Mercy tersebut. ”Kita tak mau kalah. Pilkada ini kami harus menang. Modal sudah ada 4 kursi di DPRD. Tinggal 4 kursi lagi. Sebab syaratnya kan 8 kursi untuk berlayar,” ucapnya.

Dia membeberkan, kader Partai Demokrat sudah ada tiga orang yang menyatakan bakal maju Pilkada Siak 2020. Di antaranya; Sayed Abubakar Assegaf, Suartono, dan dirinya sendiri.

Namun, menurut Syamsurizal, tidak menutup kemungkinan nonkader yang akan didukung dan diusung partai Demokrat. Sebab, hasil survei dan popularitas menjadi salah satu tolok ukur DPP. ”Saya kan juga sudah daftar ke Nasdem sebagai bakal calon wabup. Mungkin besok saya juga akan mendaftar ke sini," sebut dia.

Sebelumnya, Nasdem dan PDIP telah melakukan hal yang sama. Di Nasdem, sudah tujuh orang yang mendaftar, yakni; mantan Anggota DPR RI Sayed Abubakar Assegaf sebagai calon bupati.

Perwira TNI AD Turyono juga mengambil formulir calon bupati. Kemudian Sekda Siak Tengku Said Hamzah mengambil dua formulir sekaligus (calon bupati dan wabup). Setelah itu Bupati Siak Alfedri mengambil formulir calon bupati. Ada lagi Letkol Delfi Delfijun yang masih berdinas di Kodam Bukit Barisan mengambil formulir cawabup.

Lalu, politisi Gerindra Mester Hasuhunuan Hamzah mengambil formulir bakal calon wabup. Dan yang terakhir Kadis Sosial Siak Nurmasyah mengambil formulir calon wabup.

Sementara di PDIP, Turyono juga mengambil formulir calon bupati. Begitu pula dengan Sayed Abubakar Assegaf sebagai calon bupati. Dan mantan Wakil Ketua DPRD Siak Priode 2014-2019 dari PDIP, Hendri Pangaribuan mengambil formulir calon wakil bupati. ***

Kategori : Siak, Politik
wwwwww