Home > Berita > Umum

Rutan Siak Direnovasi Tahun Ini

Rutan Siak Direnovasi Tahun Ini

Ibnu Chaldun (tengah) meninjau Rutan Siak.

Senin, 14 Oktober 2019 14:45 WIB
Sahril Ramadana

SIAK, POTRETNEWS.com - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB yang terbakar akibat kericuhan pada 11 Juni 2019 segera direnovasi Kementerian Hukum dan HAM.

Saat ini kementerian sedang menyusun anggaran renovasi bangunan rutan yang kondisinya porak-poranda dan membutuhkan perbaikan.

"Insya Allah, tahun ini diperbaiki," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) Kemenkumham, Ibnu Chuldun saat ditemui di sela-sela meninjau rutan di Jalan Sultan Syarif Hasyim, Kelurahan Kampungdalam, Siak, Senin (14/10/2019).

Soal biaya perbaikan, lanjut Ibnu, tengah dibicarakan dengan Pemkab Siak. ”Belum bisa diprediksi besaran anggaran. Tapi, pada intinya Rutan secepatnya akan direnovasi,” katanya.

Ibnu menyebut, perbaikan rutan bisa selesai dalam waktu yang singkat. Sebab, hanya sisi depan rutan yang rusak parah. ”Fondasinya kan masih kokoh. Hanya sisi depan saja yang rusak parah. Itu pun bukan kamar tahanan. Melainkan kantor dan ruang jaga,” ujarnya.

Ibnu mengatakan, polisi saat ini masih menyelidik kasus kericuhan berujung pembakaran rutan. Apalagi, belasan warga binaan sampai saat ini masih berkeliaran alias belum ditemukan.

”Jumlahnya saya tak ingat. Tapi napi yang lari tetap status DPO. Kita serahkan semua kepada polisi,” ucap Ibnu.

Saat disinggung soal pemindahan rutan, menurut dia, itu masih sebatas wacana. Memang, kata Ibnu, Rutan Kelas IIB overkapasitas. Mestinya penghuninya paling tidak 350 orang. Namun, saat itu sudah mencapai 648 orang lebih.

”Itu kita akui. Sampai saat ini masih kita bicarakan soal pemindahan rutan. Apalagi Pemkab Siak sudah menghibahkan tanah untuk pembangunannya. Tapi, yang diupayakan secepatnya merenovasi rutan. Kalau soal pemindahan akan kita bahas lebih intens, setelah rehab selesai,” tandasnya. ***

Kategori : Umum, Siak
wwwwww