Home > Berita > Siak

Pembalap Sepeda Malaysia Amirul Fakhruddin Juara Umum Tour de Siak 2019, Jepang Tim Terbaik

Pembalap Sepeda Malaysia Amirul Fakhruddin Juara Umum <i>Tour de Siak</i> 2019, Jepang Tim Terbaik

Bupati Alfedri (kiri) berikan hadiah kepada Nur Amirul Fakhruddin Marzuki (kaos kuning) sebagai juara umum individu Tour de Siak (TdSi) 2019. (POTRETNEWS.com/SAHRIL RAMADANA)

Minggu, 22 September 2019 22:50 WIB
SIAK, POTRETNEWS.com - Pembalap Malaysia Nur Amirul Fakhruddin Marzuki dari Trengganu Cycling Team, memborong juara umum individu dan sprint Balap Sepeda Tour de Siak (TdSi) 2019, Ahad (22/9) di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II, Kecamatan Mempura, Siak Sri Indrapura. Pada kelas individu (yang mendapat poin terbanyak), Amirul berhasil meraih yellow jersey dan mengalahkan pembalap dari Tim Foolad Mobarakeh Sepahan asal Iran, Mohammad Ganjkhanlou yang pada posisi kedua dan posisi tiga diraih Stephan Bakker dari Global Cycling Holland Belanda.

Sementara kategori raja sprint yang mendapatkan green jersey, Nur Amirul Fachruddin Mazuki pun kembali menjadi juara dengan mengumpulkan 28 poin mengungguli Stephan Bakker dari Global Cycling Holland Belanda. Untuk kelas ini pembalap Foolad Mobarakeh Sepahan asal Iran, Mohammad Ganjkhanlou pada posisi ketiga.

Dalam tiga etape perlombaan, pembalap dengan nomor start 42 itu hanya sekali naik podium pada etape pertama dengan rute Siak-Mempura-Dayun-Siak yang jarak tempuhnya 59,1 kilometer. Dengan kemenangan ini, Amirul berhak menerima hadiah Rp50 juta. Hadiah itu diberikan langsung oleh Bupati Siak Alfedri.

Selanjutnya, untuk tim terbaik dari 11 yang berlaga adalah Kinan Cycling Team dari Jepang. Catatan waktu lima pembalapnya pada tiga etape yang digelar adalah 16:29:49 mendahului Foolad Mobarakeh Sepahan asal Iran dan Trengganu Cycling Team Malaysia.

Bagi tiga tim dalam negeri yang ikut semuanya menempati posisi tujuh hingga sepuluh. Secara berurutan ketiganya; KFC Cycling Team, Tim Nasional Indonesia, dan BSP Siak.

Tour de Siak tahun ini dilaksanakan hanya tiga etape yang sebelumnya direncanakan empat. Satu etape tak dilanjutkan lantaran saat itu asap pekat tengah terjadi di Kabupaten Siak. Maka balapan pun dihentikan.

”Secara keseluruhan sangat baik. Mulai dari panitia dan antusias masyarakat. Kalau soal kabut asap, itu bencana alam yang tak bisa dihindari lagi saat ini. Apalagi kebakarannya bukan di Siak, melainkan di daerah lain," kata Race Director Tour de Siak 2019, Sondi Sampurno kepada potretnews.com.

Bupati Siak Alfedri pun mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh panitia, peserta, ofisial tim, dan Polri yang telah ikut menyukseskan event ketujuh ini. ”Mari kita jadikan event ini sebagai promosi wisata di Siak yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Tour de Siak adalah investasi besar bagi daerah dan masyarakat Siak,” ujar Alfedri. ***

Kategori : Siak, Sport
wwwwww