Home > Berita > Siak

PB ISSI Jamin Tour de Siak Tak Kena Sanksi karena Gelar Balapan di Tengah Kabut Asap

PB ISSI Jamin <i>Tour de Siak</i> Tak Kena Sanksi karena Gelar Balapan di Tengah Kabut Asap

Tour de Siak 2018. (dok. POTRETNEWS.com)

Rabu, 18 September 2019 16:09 WIB
SIAK, POTRETNEWS.com - Fungsionaris Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) Sondi Sampurno memastikan Tour de Siak (TdSi) tidak akan kena sanksi walau menggelar event di tengah kabut asap. Karena menurutnya, dalam aturan internasional hal itu tak dilarang. ”Yang masalah bagi dunia internasional ketika ada hujan, badai dan petir. Kalau kabut asap dianggap tidak masalah," kata Sondi kepada potretnews.com, Rabu (18/9/2019) di Siak.

Sondi mengatakan, PB ISSI dan UCI tidak punya kuasa maupun hak mendiskualifikasi suatu event jika tidak punya kesalahan yang fatal. ”Kami ini ahli sepeda bukan ahli cuaca. Jadi tidak ada hak PB ISSI maupun dunia internasional mendiskualifikasi TdSi maupun sanksi ke penyelenggara," kata dia.

Sondi pun mengaku kejadian serupa pernah terjadi tahun 2016 lalu saat event Tour de Singkarak Sumatera Barat. Namun helat tersebut tetap digelar di tengah kabut asap. ”Trending topic-nya nanti memang bukan balapan. Melainkan soal kabut asap. Itu sudah pasti, sebab sudah pernah kita alami," ujarnya.

Pelaksanaan TdSi dibuka nanti malam oleh Guberbur Riau di Gedung Daerah Sultan Syarif Kasim II Siak, di Kecamatan Mempura. Sebelum dibuka, sejumlah acara digelar pemerintah untuk memeriahkan event edisi ke-7 ini, seperti fun bike dan bazar UMKM di Lapangan Siak Bermadah.

Pengunjung bahkan peserta balap sepeda TdSi dapat membeli produk-produk lokal pada stan bazar itu. ”Malam nanti gala dinner bersama peserta TdSi 2019. Setelah itu langsung dilaksanakan parade atlet, opening ceremony dan konser pembukaan TdSi oleh Andra and the BackBone," ujar Bupati Siak Alfedri. ***

Kategori : Siak, Sport
wwwwww