Jokowi Tinjau Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Pelalawan

Jokowi Tinjau Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Pelalawan

Jokowi mengecek persiapan hujan buatan. (DETIK.com)

Selasa, 17 September 2019 09:55 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Merbau, Kabupaten Pelalawan di Riau, untuk mengecek kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Jokowi menaiki helikopter superpuma.

Sebelum bertolak dari Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Jokowi mengecek persiapan hujan buatan yang dilakukan petugas. Pesawat milik TNI AU siap diterbangkan untuk menebar garam dengan harapan terciptanya hujan.

”Sekarang kita lakukan lagi menabur garam. Moga-moga, karena awannya ada, kita berdoa semoga jadi hujan, insyaallah hari ini. Segala upaya sudah kita lakukan. Tapi memang juga lewat water bombing lewat 52 pesawat. Artinya, segala upaya kita lakukan," ujar Jokowi, Selasa (17/9/2019).

Hujan buatan merupakan salah satu langkah penanggulangan karhutla. Meski demikian, Jokowi menekankan pentingnya upaya pencegahan.

"Tetapi memang yang paling benar pencegahan sebelum kejadian, ini api satu langsung padamkan. Tapi ini sudah, karena kita berhadapan dengan hutan yang luas, lahan gambut yang luas, kalau apinya sudah banyak memang tidak mudah," sebutnya.

Jokowi mengajak masyarakat tidak membakar lahan. Tindakan tegas siap menanti bagi pelanggar.

”Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk tidak bakar lahan, baik hutan maupun gambut. Termasuk upaya hukum sudah kita lakukan, baik yang perorangan, baik yang korporasi, semuanya sudah ada tindakan tegas ke sana," ujar Jokowi.

Setelah itu, Jokowi terbang dengan heli untuk mengecek lokasi karhutla di Merbau. Titik selanjutnya, Jokowi bertolak ke Kampar. ***

Berita ini telah tayang di detik.com dengan judul "Naik Heli, Jokowi Tinjau Lokasi Karhutla di Riau"

Editor:
Akham Sophian

wwwwww