Udara Berbahaya, IKMR Bathinsolapan Bengkalis Bagi-bagi Masker Gratis

Udara Berbahaya, IKMR Bathinsolapan Bengkalis Bagi-bagi Masker Gratis

Suasana pembagian masker oleh IKMR Bathinsolapan.

Jum'at, 13 September 2019 16:26 WIB
Panji Ahmad Syuhada/Akham Sophian

DURI, POTRETNEWS.com - Prihatin melihat kualitas udara yang kian memburuk, Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kecamatan Bathinsolapan, Kabupaten Bengkalis, Riau terjun ke lapangan membagikan ribuan masker kepada pengendara kendaraan bermotor, di Pasar Sidomulyo, Bathinsolapan, Jumat (13/9/2019) pagi.

Kabut asap pagi itu sangat pekat di wilayah tersebut, imbas kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Ikatan Keluarga Minang Riau dengan program bakti sosial "Gerakan 5000 Masker IKMR" membagikan satu per satu masker yang disediakan kepada pengendara yang melintas.

”Ini program bakti sosial dari IKMR Kecamatan Bathinsolapan, ada 5.000 masker yang kami bagikan kepada masyarakat sejak pagi,” kata Ketua IKMR Bathinsolapan, Fahrizal Jefri didampingi Ketua Panitia Akhiruddin Piliang, di lokasi.

Menurut dia, keberadaan IKMR yang merupakan perkumpulan dari keluarga perantau Minangkabau itu sudah sewajarnya memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Melalui program inilah salah satu sumbangsih mereka direalisasikan. "Kami ingin keberadaan kami dirasa manfaatnya bagi masyarakat luas, tak hanya bermanfaat bagi internal saja,” ucap Jefri.

Saat berlangsung pembagian masker tersebut, IKMR juga menggandeng pihak Satuan Lalu Lintas Pos Simpang Bangko, Pos Patroli Jalan Raya, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Boncahmahang, FKPM dan Karang Taruna.

Kegiatan itu juga didukung oleh Anggota DPRD Bengkalis terpilih, Surya Budiman, serta Ahmad Arifin dari Satgas PPA. Selain itu, unsur elemen pendukung juga hadir, seperti dari pihak puskesmas dan Remaja Masjid An-Nur.

”Kita berkoordinasi dengan berbagai pihak, tujuannya agar program tersebut benar-benar bermanfaat bagi sesama, kami menerima sumbangan sejenis dari para pihak untuk sama-sama kita bagikan," ujarnya.

Di samping itu, dia juga mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam berkendara, terlebih kondisi pandangan terganggu akibat asap yang pekat.

Mereka berharap, agar ada solusi konkret dari otoritas terkait dalam menangani permasalahan kabut asap yang melanda wilayah tersebut. ”Kepada masyarakat dan juga anggota IKMR, kami harap kurangi aktivitas di luar dan jangan membakar lahan sembarangan,” pungkasnya. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww