Waspada, Kualitas Udara di Duri dan Sekitarnya Masuk Level Berbahaya

Waspada, Kualitas Udara di Duri dan Sekitarnya Masuk Level Berbahaya

Murid sekolah dasar di wilayah Duri Kabupaten Bengkalis dipulangkan akibat kondisi asap yang pekat.

Kamis, 12 September 2019 18:50 WIB
Panji Ahmad Syuhada/Akham Sophian
DURI, POTRETNEWS.com - Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Mandau, Komisaris Polisi Arvin Hariyadi mengimbau masyarakat di wilayah hukum Polsek Mandau Resort Bengkalis agar mengurangi aktivitas di luar rumah dan menggunakan masker. Hal tersebut, mengingat kualitas udara di wilayah Duri sekitarnya semakin memburuk. Bahkan berdasarkan pemantau kualitas udara (Air Quality) milik PT Chevron Pacific Indonesia, kawasan ini sekarang mencapai nilai 500 dengan status berbahaya.

”Kurangi aktivitas di luar ruangan dan apabila bepergian agar menggunakan masker. Kita lihat udara sepertinya kurang sehat akibat dampak kebakaran hutan dan lahan, " kata Kapolsek Mandau, Kompol Arvin Hariyadi SIK, di ruang kerjanya, Kamis (12/9/2019) sore.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/13092019/potretnewscom_gzns5_1680.jpgKapolsek Mandau, Kompol Arvin Hariyadi.

Kebakaran hutan dan lahan yang melanda wilayah Riau belakangan ini menghasilkan dampak asap yang pekat. Sehingga, wilayah Duri juga terpapar dari polusi jerebu asap tersebut.

Perlu diketahui, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) menetapkan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU). Angka kualitas udara 0-50 artinya baik, 50-100 sedang, 100-200 tidak sehat, 200-300 sangat tidak sehat, dan 300-500 itu berbahaya.

Di Duri sendiri, saat ini petugas Kepolisian Sektor Mandau bersama tim pemadam kabakaran masih berjibaku melawan api di seputar lahan konsesi PT Chevron Pacific Indonesia yang ikut terbakar.

”Lokasinya di wilayah Desa Bumbung. Kita menerjunkan 7 personel yang dibantu oleh petugas damkar (pemadam kebakaran, red) Chevron dan damkar pemda,” ungkap Kompol Arvin.

Dari karhutla yang terjadi didaerah tersebut, polisi telah menetapkan 2 orang tersangka dari lokasi kebakaran yang terjadi di Pematangpudu, wilayah hukum Polsek Mandau Polres Bengkalis.”Mereka berdua ditangkap akibat ulahnya membakar lahan,” pungkas kapolsek. ***

Kategori : Bengkalis, Lingkungan
wwwwww