Home > Berita > Umum

Rekor Baru, Pembangunan Trans Sumatera Bakal Jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Rekor Baru, Pembangunan Trans Sumatera Bakal Jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Ilustrasi. (TEMPO.co)

Jum'at, 06 September 2019 12:21 WIB
JAKARTA, POTRETNES.com - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan penyelesaian tiga ruas tol baru dan satu ruas lanjutan di Sumatera pada kuartal IV/2019. Dengan demikian, ruas-ruas tol yang akan beroperasi ini bakal memperpanjang lagi catatan rekor jalan tol terpanjang di Indonesia. Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan tiga ruas baru yang dijadwalkan beroperasi yakni Terbanggi Besar—Pematangpanggang, Pematangpanggang—Kayuagung, dan Pekanbaru—Dumai. Adapun, ruas lanjutan yang juga dijawalkan rampung adalah Medan—Binjai seksi 1.

Ruas gabungan jalan tol Terbanggi Besar—Pematangpanggang sepanjang 100 kilometer dan jalan tol Pematangpanggang—Kayu Agung sejauh 85 kilometer akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia. Jalan tol ini akan mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang jalan tol Bakauheni—Terbanggi Besar sepanjang 140,90 kilometer.

Selain itu, jalan tol Pekanbaru—Dumai yang dijadwalkan beroperasi pada akhir 2019 juga memiliki panjang 131 kilometer. Ketiga jalan tol yang dikelola Hutama Karya ini menyalip rekor jalan tol terpanjang di Jawa, yaitu jalan tol Cikopo—Palimanan (116,75 kilometer) yang dimiliki dan dikelola PT Lintas Marga Sedaya.

”Tol kami dari Terbanggi Besar ke Pematang Panggang kemudian ke Kayu Agung itu insyaallah September ini seluruhnya beroperasi. Kemudian Pekanbaru ke Dumai, November atau Desember bisa dioperasikan," ujar Bintang kepada pers, Kamis (5/9/2019).

Menurut Bintang, pengoperasian jalan tol Terbanggi Besar—Pematangpanggang, Pematangpanggang—Kayu Agung akan melengkapi jalan tol Bakauheni—Terbanggi Besar yang sudah dulu beroperasi.

Adapun Ruas Kayu Agung—Palembang yang konsesinya dipegang PT Waskita Sriwijaya Tol juga akan beroperasi dalam waktu yang tak terpaut jauh sehingga Lampung—ke Sumatera Selatan (Palembang) bisa terhubung dengan jalan tol.

Konektivitas via jalan tol diyakini mempercepat waktu tempuh menjadi 4 jam dibandingkan dengan jalan nasional yang memakan waktu hingga 12 jam. Jalan tol Pekanbaru—Dumai juga akan memangkas waktu tempuh menjadi 1,5 jam dari sebelumnya 4 jam—5 jam.

Secara total, Hutama Karya mendapat penugasan untuk menggarap 24 ruas jalan tol Trans-Sumatera sejauh 2.765 kilometer. Dari jumlah tersebut, Hutama Karya sedang mengerjakan 11 ruas prioritas. Investasi untuk menggarap 24 ruas tersebut diperkirakan mencapai Rp476 triliun. ***

Berita ini telah tayang di tempo.co dengan judul "Rekor Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Segera Pecah Lagi"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww