PotretNews.com Rabu 11 Desember 2019
Home >  Berita >  Pekanbaru

Kali Keempat Berturut-turut, potretnews.com Gelar Workshop Jurnalistik 2019 Hari Ini

Kali Keempat Berturut-turut, <i>potretnews.com</i> Gelar Workshop Jurnalistik 2019 Hari Ini

Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi mulai berdatangan dan mengisi daftar hadir. (POTRETNEWS.com)

Rabu, 28 Agustus 2019 09:05 WIB
Riady S
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Koran Online potretnews.com kembali menggelar workhshop jurnalistik untuk mahasiswa dan mitra kerja, Rabu (28/8/2019) pagi di Hotel Fave Pekanbaru. Materi workshop ini seputar kiat eksis menjadi wartawan dan kiat berkomunikasi dengan media massa.

Ketua Panitia Workhsop Jurnalistik potretnews.com 2019, Vivi Ayunar, mengatakan workshop berlangsung selama setengah hari, dari pagi hingga siang. Para pembicara, kata dia, berasal dari wartawan senior/tokoh pers dan praktisi humas.

”Materi workshop ini lebih ke teknis karena pembicara utama akan banyak bicara suka dan duka serta bagaimana kiat menjadi wartawan yang eksis dari sejak muda hingga usia tua. Oleh karena itu, panitia mengundang wartawan senior tiga zaman Bapak Haji Ronny Simon,” kata Vivi, yang juga pemimpin perusahaan di potretnews.com.

BERITA TERKAIT:

* Foto-foto Terbaik Workshop Jurnalistik potretnews.com 2018

Target workshop yang diselenggarakan sempena Hari Ulang Tahun ke-13 potretnews.com ini, papar Vivi, para peserta yang terdiri dari 60 orang ini diharapkan bisa menumbuhkan minat mahasiswa menjadi wartawan dan memahami kiat menjadi wartawan yang eksis dan bekerja sesuai standar jurnalistik.

Kemudian, para peserta juga diharapkan mampu memilah dan membedakan mana informasi-informasi yang akurat dan tidak akurat. Informasi-informasi yang tergolong hoaks atau berita palsu maupun informasi-informasi yang memang memiliki narasumber dan fakta yang jelas.

Peserta yang hadir pada pelatihan kali ini, menurut Vivi, berasal dari mahasiswa, sejumlah humas perusahaan serta internal potretnews.com.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/31082019/potretnewscom_97vpb_1654.jpgWartawan tiga zaman, Ronny Simon (tengah) berbincang dengan perwakilan PT Chevron Pacific Indonesia, sebelum pembukaan workshop. (POTRETNEWS.com)

Sekadar diketahui, potretnews.com rutin menggelar workshop jurnalistik yang ditujukan kepada berbagai kalangan, utamanya mahasiswa. Secara berturut-turut, koran online ini telah menyelenggarakan workshop sebanyak empat kali sejak 2016.

Pada workshop 2016, potretnews.com mengundang tokoh pers Wina Armada Sukardi (mantan Anggota Dewan Pers/ Ketua Tim Perumus Standar Kompetensi Wartawan (SKW)/Sekretaris Jenderal PWI Pusat Periode 2003-2008/sekarang Komisaris MNC) dan Hermanto Ansam (CEO GoRiau.com).

Pada workshop ini tema yang diusung Strategi Memperkokoh Profesionalitas Wartawan sebagai Jurus Hadapi MEA.

Kemudian, pada workshop 2017, potretnews.com mengundang Ketua Dewan Pers yang diwakili Hendry Ch Bangun (Sekretaris Jenderal PWI Pusat Periode 2008-2013 dan 2013-2018/pimpinan di grup Kompas/sekarang Wakil Ketua Dewan Pers).

Pada workhop ini tema yang diusung Media Siber Lokal, Aset Pers Nasional (Potret Pers Indonesia Hari Ini; Mengapa Media Harus Diverifikasi, Mengapa Wartawan Harus Diuji Kompetensi?).

Selanjutnya, pada workshop 2018, potretnews.com mengundang tokoh pers Dahlan TH (Ketua PWI Provinsi Aceh Periode 2005-2010/sekarang Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Aceh dan Direktur Utama Aceh Tv) dan Neshayani Harahap (Team Digital Media RAPP). Pada workhop ini tema yang diusung Asyiknya Menjadi Wartawan.

Lalu, pada workshop 2019, potretnews.com mengundang tokoh pers/wartawan tiga zaman Ronny Simon (Ahli Dewan Pers). Pada workhop yang mengusung tema Eksis Jadi Wartawan, Semua Bisa Jadi Wartawan ini, juga bakal tampil pembicara dari PT Chevron Pacific Indonesia dan PT RAPP. Panitia sudah menetapkan dua moderator untuk memandu jalannya workshop. Mereka adalah Ofika Rahmat Julias (aktivis mahasiswa Riau) dan Riady S (wartawan muda potretnews.com).

Pada bagian akhir Vivi menyebut, terselenggaranya workshop tidak terlepas dari dukungan yang diberikan sejumlah pihak yakni; PT Chevron Pacific Indonesia, PT RAPP (APRIL Group), Asian Agri, PT Sari Dumai Sejati (Apical Group), dan Universitas Lancang Kuning (Unilak).

Kemudian, PT Kimia Tirta Utama (Astra Agro Lestari Group), PT Indah Kiat Pulp & Paper/PT Arara Abadi (Sinar Mas Group), Tatang Yudiansyah (Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau), Es Kristal Top, dan Abadi Elektronik. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Pekanbaru, Umum
Loading...
www www