PotretNews.com Selasa 10 Desember 2019
Home >  Berita >  Riau

Ditugaskan ke Sekolah, Dosen Umri Diberi Pembekalan

Sabtu, 27 Juli 2019 20:41 WIB
Muhamad Maulana
ditugaskan-ke-sekolah-dosen-umri-diberi-pembekalan Foto bersama peserta Workshop Penugasan Dosen Kesekolah (PDS), Kamis (25/07/2019).

PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Umri) terus berupaya meningkatkan kualitas dosen dan lulusannya melalui berbagai terobosan.

Satu di antaranya menugaskan dosen turun ke sekolah untuk mengajar maupun melihat langsung kegiatan di sekolah.

Sebelum turun ke sekolah, terlebih dahulu dosen mendapatkan pembekalan melalui kegiatan Workshop Penugasan Dosen Sekolah (PDS) pada Kamis (25/7/2019) lalu. Pada tahun 2019 ini, FKIP Umri melaksanakan program kegiatan penugasan dosen ke sekolah batch 2.

Kegiatan ini merupakan kerja sama FKIP Umri, Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti serta keja sama sekolah mitra.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh rektor, wakil rektor I, dekan FKIP, seluruh ketua prodi di FKIP Umri, dosen peserta PDS. Serta perwakilan guru-guru mitra tempat pelaksanaan PDS. Dekan FKIP Umri, Edi Ismanto ST, MKom mengatakan, workshop dilaksanakan sebelum dosen turun ke sekolah mitra.

Sehingga dosen mendapatkan penguatan pembelajaran agar bisa berkolaborasi dengan guru kelas. ”Sebelum kegiatan ini kita sudah melaksanakan sosialisasi program terhadap dosen dan guru,” ujarnya.

Program kegiatan PDS bertujuan memberikan pengalaman bagi para dosen FKIP Umri untuk berkolaborasi dengan guru di sekolah mitra.

Memahami perkembangan dan karakteristik peserta didik, pengelolaan pembelajaran yang baik di sekolah serta menghayati pengalaman sosio kultural yang ada di sekolah. ”Kami mengucapkan terima kasih terhadap Dirjen Belmawa Kemenristekdikti dan pihak rektorat Umri serta sekolah mitra yang telah mendukung penuh kegiatan ini," ucap Edi.

Kegiatan dibagi menjadi dua skema yaitu skema kegiatan A dan skema B. Adapun skema A bagi dosen-dosen FKIP Umri yang belum pernah mengajar di sekolah. Sedangkan skema B diperuntukan bagi dosen yang pernah ditugaskan pada sekolah mitra agar mengimplementasikan pengalaman mengajar di sekolah terhadap mahasiswa yang diajar di LPTK FKIP Umri.

Kegiatan ini akan berjalan selama dua bulan dengan pertemuan minimal 8 kali. Selain itu kegiatan ini salah satu upaya pengenalan program studi-program studi FKIP Umri terhadap sekolah dan masyarakat agar lebih dikenal.

Sebelum acara kegiatan workshop diawali dengan memorandum of agreement (MoA) antara FKIP Umri dengan sekolah mitra. Saat ini FKIP Umri memiliki 4 program studi. Yakni S1 Pendidikan Informatika Komputer, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan IPA, dan S1 Pendidikan Elektronika. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Riau, Umum
Loading...
www www