Kerap Meresahkan, Warga Desa Sikakak Kuantan Singingi Beramai-ramai Tangkap Buaya Sepanjang 3 Meter

Kerap Meresahkan, Warga Desa Sikakak Kuantan Singingi Beramai-ramai Tangkap Buaya Sepanjang 3 Meter

Buaya yang ditangkap warga Desa Sikakak.

Kamis, 25 Juli 2019 02:21 WIB
KUANTAN SINGINGI, POTRETNEWS.com - Warga di desa ini nekat menangkap buaya di sungai. Alasannya, buaya ini meresahkan kehidupan warga. Penangkapan buaya ini terjadi di Sikakak, Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuansing, Riau. Reptil yang hidup di perairan itu pun diikat pada pagi menjelang siang tadi.

"Tadi sekira pukul 11.00 WIB dilaksanakan kegiatan penyerahan tangkapan buaya yang telah meresahkan warga desa setempat," kata Kapolres Kuansing AKBP Muhammad Mustofa kepada wartawan, Rabu (24/7/2019).

Mustofa menjelaskan warga menangkap buaya ini karena dianggap meresahkan. Sebelumnya, ada warga yang diserang buaya.

"Sebelumnya ada buaya yang menerkam warga. Jadi buaya itu meresahkan warga," kata Mustofa.

Buaya yang ditangkap warga ini, katanya, diserahkan ke pihak Polsek Cerenti. Polsek setempat selanjutnya menyerahkan kepada Kepala Resor Bukit Baling, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), Riau, Bobi Sunata.

Buaya betina ini panjangnya sekira 3 meter dengan jenis buaya muara. Buaya tersebut mati akibat luka atas penangkapan yang dilakukan warga setempat.

"Keadaan buaya yang diserahkan dalam keadaan tidak hidup lagi. Ini dikarenakan buaya tersebut mati saat ditangkap warga," kata Mustofa.

Sekadar untuk diketahui, sebulan lalu warga desa setempat diserang buaya saat mandi di sungai. Beruntung, korban hanya mengalami luka ringan.

Buaya di sungai yang ada di desa itu kerap kali muncul. Kemunculannya dianggap meresahkan warga. Padahal, di satu sisi, buaya ini hidup di habitatnya sendiri. ***

Berita ini telah tayang di detik.com dengan judul "Dianggap Meresahkan Warga, Buaya di Riau Ditangkap"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Kuansing, Umum
wwwwww