Home > Berita > Riau

Bupati Alfedri Apresiasi Rencana PT Pelindo Kembangkan Pelabuhan di Perawang Siak, tapi...

Bupati Alfedri Apresiasi Rencana PT Pelindo Kembangkan Pelabuhan di Perawang Siak, tapi...

Pemkab Siak menggelar pertemuan dengan manajemen PT Pelindo.

Rabu, 17 Juli 2019 20:48 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Pemerintah Daerah Kabupaten Siak menyambut baik rencana PT Pelindo mengembangkan pelabuhan di wilayah Perawang, Kecamatan Tualang. Bupati Siak Alfedri pun apresiasi rencana PT Pelindo tersebut. Sebab, dapat memberikan pelayanan transportasi sungai di Kabupaten Siak.

"Pemkab Siak menyambut baik setiap investasi dan pengembang yang ingin berkontribusi terhadap perekonomian daerah, baik itu industri pelabuhan dan sektor apa pun," kata Alfedri, Rabu (17/7/2019).

Kendati begitu Alfedri menambahkan, segala sesuatunya harus dikembalikan kepada ketentuan tata ruang yang ada.

"Pemkab Siak tentunya tergantung pada tata ruang baik nasional maupun provinsi. Karena rencana tata ruang kabupaten harus menyesuaikan dengan provinsi dan nasiona," kata dia.

Sebelumnya, PT Pelindo menggelar ekspose Konsep Rencana Induk Pelabuhan Pekanbaru Terminal di Ruang Rapat Sri Inderapura, Kantor Bupati Siak.

Turut hadir dalam ekspose tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Arif Fadillah, General Manager PT Pelindo Cabang Pekanbaru I Wayan Wirawan dan perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi Riau serta OPD terkait.

General Manager PT Pelindo Cabang Pekanbaru I Wayan Wirawan mengatakan, selain rencana pengembangan pelabuhan, mereka juga mengekspos proyeksi perubahan-perubahan yang akan terjadi selama 15-20 tahun kedepan.

"Berdasarkan RIPN, Perawang termasuk pelabuhan nomor 13 di Pekanbaru dan yang ke 18 dari pelabuhan yang ada di Provinsi Riau. Hirarkinya, pelabuhan ini dapat jadi tempat pengumpul sampai 2037," kata dia.

Hal ini juga didasari dengan RTRW Provinsi Riau, dimana pengembangan pelabuhan Pekanbaru yang tertuang dalam Perda Nomor 10 Tahun 2018, menyebutkan bahwa pelabuhan Pekanbaru dan pelabuhan Perawang berstatus sebagai pelabuhan pengumpul. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum
wwwwww