PotretNews.com Rabu 18 September 2019
Home > Berita > Riau

Bayar Rp1 Juta Sudah Bisa Kuliah di Umri

Rabu, 10 Juli 2019 13:15 WIB
Muhamad Maulana
bayar-rp1-juta-sudah-bisa-kuliah-di-umriKampus Umri di Jl Tuanku Tambusai Pekanbaru. (ILUSTRASI)
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Guna meringankan beban para orang tua, Universitas Muhamadiyah Riau (Umri) ternyata memiliki cara unik dalam membantu para orang tua calon mahasiswa baru.Caranya, yakni dengan memberikan kemudahan terhadap pembayaan SPP hanya cukup dengan membayar Rp1 juta saja.

Sebanyak 900 orang dipastikan lulus dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) untuk gelombang pertama dan gelombang kedua. Dari jumlah itu, sekitar 200 orang telah melakukan daftar ulang.

”Kami mengerti, memang ada peserta seleksi yang telat mendaftar ulang. Karena memang saat ini, masih dalam suasana lebaran,” kata Rektor Umri Dr Mubarak MSi, Senin (10/7/2019).

Ads
Mempertimbangkan kondisi itu, maka diambil kebijakan agar mahasiswa bisa tetap kuliah dengan membayar secara bertahap. Di tahap pertama, mahasiswa bisa membayar uang SPP dan pembangunan sebesar Rp1 juta. Lalu saat pembuatan kartu rencana studi (KRS), boleh tambah bayar 50 persen dan saat mau ujian tengah semester ditambah 50 persen lagi.

”Ini untuk memfasilitasi pendaftar dan memudahkan mereka kuliah, disaat yang bertepatan dengan perayaan lebaran. Apalagi saat lebaran, mereka diyakini juga membutuhkan dana untuk kebutuhan keluarga,” tambah rektor.

Tak hanya itu, kalau mereka yang tes pada gelombang I dan dinyatakan lulus tapi belum punya dana untuk kuliah, maka boleh membayar di gelombang kedua dengan biaya yang sama di gelombang pertama. Demikian pula bagi pendaftar di gelombang kedua, dengan kondisi keuangan yang sama.

”Intinya, dengan mereka bayar Rp 1 juta namun sudah bisa kuliah. Ini sudah kami pikirkan sejak awal. Apalagi kebiasaan selama ini, saat ramadhan kebutuhan masyarakat akan dana memang meningkat. Semoga langkah ini bisa membantu para orang tua, dalam menyiapkan biaya pendidikan yang dibutuhkan,” beber Mubarak.

Dijelaskan dia, target tahun ini sebelumnya memang 1.500 mahasiswa baru. Tapi melihat kondisi ekonomi saat ini, Rektor menargetkan hanya akan ada 1.350 mahasiswa baru yang akan bergabung dengan Umri.

Bagi yang ingin kuliah di Umri, saat ini juga telah di buka pendaftaran untuk gelombang ketiga sehingga membuka kesempatan seluas-luasnya untuk putra-putri Riau untuk kuliah di kampus yang memiliki akreditasi B tersebut. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Riau, Umum
       
        Loading...    
           
wwwwww