Home > Berita > Riau

Abrasi Capai 5-15 Meter Tiap Tahun, Pegiat Lingkungan Gelar Aksi Tanam 10 Ribu Mangrove di Pinggir Pantai Kayuarapermai Siak

Abrasi Capai 5-15 Meter Tiap Tahun, Pegiat Lingkungan Gelar Aksi Tanam 10 Ribu Mangrove di Pinggir Pantai Kayuarapermai Siak

Para penggiat lingkungan tanam pohon di pinggir pantai. (ISTIMEWA)

Senin, 01 Juli 2019 21:42 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Penggiat lingkungan yang tergabung dalam kelompok Konservasi Laskar Mandiri melakukan aksi peduli di pantai Kampung Kayuarapermai, Kecamatan Sungaiapit, Siak, Riau. Aksi ini dilakukan dengan menanam 10 ribu bibit pohon api-api atau mangrove, Senin (1/7/2019).

"Selain pemuda Kampung Kayuarapermai, penanaman ini dibantu Mahasiswa KKN Universitas Riau," kata Ketua Kelompok Konservasi Laskar Mandiri, Sabarion.

Kegiatan ini dilakukan karena tiap tahun terjadi Abrasi mencapai 5-15 Meter di pantai tersebut. Menurut Sabarion Abrasi merupakan momok menakutkan bagi sebagian besar warga pesisir. Karena itu ia dan sejumlah pemuda di kampung itu melakukan aksi tersebut.

"Kenapa harus menanam mangrove, karena dengan cara ini lah salah satu usaha kita untuk mengembalikan habitat yang rusak di pantai tersebut," kata dia.

Sabarion menjelaskan, secara umum sebenarnya fungsi hutan sudah jelas. Selain paru-paru dunia, hutan juga berfungsi untuk sumber ekonomi, habitat flora dan fauna serta pengendali bencana. Selain itu hutan juga menjadi tempat penyimpanan air, untuk mengurangi polusi atau pencemaran udara.

"Maka itu kita tanam berjejer mangrove agar bisa menjadi benteng pencegah Abrasi atau pengikisan pantai oleh gelombang air laut," kata dia. ***

Kategori : Riau, Siak, Lingkungan
wwwwww