PotretNews.com Sabtu 19 Oktober 2019
Home > Berita > Umum

Jejak Harimau di Desa Sibiruang Kampar Bikin Khawatir Warga

Jejak Harimau di Desa Sibiruang Kampar Bikin Khawatir Warga

Jejak harimau yang ditemukan oleh warga Siberuang, Kampar, Riau.

Sabtu, 29 Juni 2019 16:51 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Jejak harimau ditemukan warga di salah satu hamparan kebun karet di Desa Sibiruang, Kecamatan Kotokampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.Temuan itu sontak membikin warga khawatir saat akan beraktivitas ke kebun.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Bintang Hutajulu, Sabtu (29/6/2019) mengatakan, temuan jejak kaki harimau sebenarnya sudah ada sejak sepekan lalu.

"Kita belum tahu berapa jumlah pasti harimau itu," katanya.

Meski belum melakukan identifikasi jumlah, Bintang memperkirakan jejak tersebut berasal dari harimau dewasa. "Rencana Senin (1/7) kami akan ke sana. Kami akan upayakan pemasangan kamera trap di wilayah itu. Kebetulan kamera trap terbatas pula, sebahagian sedang dipakai di wilayah Indragiri Hilir (Inhil)," katanya.

Bintang menyebut, penemuan jejak harimau itu bukan kali pertama di sana. Tahun lalu warga juga sempat menemukan jejak harimau di desa Muara Takus yang tak jauh dari Desa Sibiruang. Bahkan Tim BBKSDA juga sempat memasang kamera trap, namun tidak membuahkan hasil. "Kemungkinan yang dulu itu hanya melintas," Bintang mencoba menduga.

Yang pasti kata Bintang, kawasan tadi memang menjadi salah satu wilayah habitat harimau lantaran terhubung langsung dengan kawasan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling (BRBB). Di bagian Utara akan terhubung dengan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) Mandailing Natal Sumatera Utara (Sumut).

"Di sana hutannya masih sangat bagus dan di situlah habitatnya. Makanya kita enggak kagetlah kalau bertemu harimau," katanya.

Dan soal harimau tadi, timnya kata Bintang sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat tentang apa yang mesti mereka lakukan jika kebetulan bertemu harimau. ***

Artikel ini telah tayang di gatra.com dengan judul "Teror Harimau di Sibiruang Kampar"

Editor:
Akham Sophian
Ads
       
        Loading...    
           
Kategori : Umum, Kampar
       
        Loading...    
           
wwwwww