Ruas Jalan di Kampar Rusak Parah dan Banyak Lubang Menganga, Ini Titik-titik yang Sangat Membahayakan Pengendara

Ruas Jalan di Kampar Rusak Parah dan Banyak Lubang Menganga, Ini Titik-titik yang Sangat Membahayakan Pengendara

Jalan lintas utara di Riau ambles. (DETIKCOM)

Minggu, 23 Juni 2019 11:42 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Ruas jalan nasional yang ada di Kabupaten Kampar, Riau banyak yang rusak. Kondisi tersebut sangat membahayakan kendaraan yang melintas. Jalan nasional di Kabupaten Kampar menghubungkan ke beberapa lintas provinsi. Dari Pekanbaru lintas barat menghubungkan ke Provinsi Sumatra Barat. Sementara lintas utara menghubungkan ke Sumatra Utara.

Lintas tengah menghubungkan ke Kabupaten Kuansing dan juga menghubungkan ke Sumatera Barat. Dan di jalan lintas timur menghubungkan ke Pekanbaru dan Kabupaten Pelalawan.

Sayangnya semua ”urat nadi perlintasan” ini mengalami kondisi rusak parah. Dalam catatan Polres Kampar, ada 17 titik jalan yang mengalami rusak parah dan banyak lubang mengangga.

"Dari hasil survei tim kita di lapangan, ada 17 titik terparah yang kondisinya seharusnya sudah ada perbaikan," kata Kasat Lantas Polres Kampar AKP Fauzi, Ahad (23/6/2019).

Menurut Fauzi badan jalan nasional yang mengalami rusak parah ini 8 titik ada di lintas utara. Di kawasan ini terbagi dua lokasi jalan berlubang dan berlumpur saat hujan turun. Dua lokasi itu ada di Kecamatan Tapung Hilir dan Tapung.

Selanjutnya, kerusakan parah ada 5 titik di lintas barat. Lokasi rusaknya jalan nasional ini berada di Kecamatan Kampar dan XIII Koto Kampar. Kondisi yang sama juga terjadi di lintas tengah ada 2 titik paling parah di Kecamatan Kampar Kiri. Di lintas timur, kerusakan terjadi di Kecamatan Pasir Putih.

”Kerusakan 17 titik badan jalan itu kondisinya sudah sangat parah. Ini di luar catatan kita yang kondisi lubang-lubang kecil yang membahayakan khususnya kendaraan roda dua," tutur Fauzi.

Saat ini terjadi ambles di jalan lintas utara Kecamatan Tapung. Badan jalan pada Ahad (23/6) terjadi ambles karena tadi malam turun hujan. Akibatnya kendaraan berat di sana tidak bisa melintas.

Pihak kepolisian bersama swadaya masyarakat lagi menimbun secara manual badan jalan yang amblas tersebut. Pihak kepolisian berharap instansi terkait yang bertanggungjawab soal jalan nasional ini untuk segera menurunkan timnya ke lokasi.

”Khusus kendaraan berat saat ini tidak bisa melintas. Kalau nanti terjadi antrean panjang lebih dari 3 km, arus akan kita alihkan,” demikian Fauzi. ***

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Ini Titik Jalan Nasional yang Rusak di Kabupaten Kampar Riau"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Kampar, Umum
wwwwww