Home > Berita > Umum

Sulsel Masuk Daerah Malas Membaca di Indonesia, Riau Cukup Baik

Sulsel Masuk Daerah Malas Membaca di Indonesia, Riau Cukup Baik

Gambar hanya ilustrasi. (INTERNET)

Kamis, 23 Mei 2019 12:36 WIB
MAKASSAR, POTRETNEWS.com - Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan merilis indeks aktivitas literasi membaca di 34 Provinsi di Indonesia. Untuk Provinsi Sulsel, Indeks leterasi membaca masuk dalam kategori rendah. Indeks literasi membaca ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudyaaan Kebudyaaan. Data yang digunakan untuk memperoleh indeks literasi ini berdasarkan data dari yang berasal dari data mentah BPS, dari Data Pokok Pendidikan (Dapodik), dan lainnya.

Khusus data BPS, data yang digunakan antara lain adalah data survei ekonomi nasional (Susenas) Core dan Susenas Modul Sosial Budaya Pendidikan (MSBP).

”Indeks yang kami susun menyangkut Indeks Aktivitas Literasi Membaca, artinya tidak berkenaan dengan tingkat literasi secara langsung. Jadi lebih menyadari 'perilaku literasi'," kata salah seorang tim penyusun penelitian ini, Lukman Solihin, Kamis (23/5/2019).

Namun kata Lukman, malas membaca bisa masuk ke dimensi budaya yang rendah. Hal dikarenakan di indeks literasi ini ada 4 dimensi, salah satunya dimensi budaya yang artinya kebiasaan membaca. "Kalau dimensi budaya-nya rendah, berarti kebiasaan membacanya juga rendah," Ucapnya.

Hasilnya pada indeks Alibaca, dari 34 provinsi di Indonesia, hanya 9 provinsi yang masuk dalam aktivitas literasi sedang, 24 provinsi masuk dalam literasi rendah, dan satu provinsi masuk dalam kategori literasi sangat rendah. Sulsel sendiri duduk di kursi 11 dengan nilai indeks 38,82.

Sementara itu untuk indeks dimensi budaya, di mana mencakup soal kebiasaan membaca, maka Sulsel juga berada di zona rendah dengan poin indeks 27,94. Zona sedang hanya dipegang tiga provinsi yaitu Kepulauan Riau, Yogyakarta, dan DKI Jakarta.

Berikut indeks Dimensi Budaya Provinsi dari tingkat tinggi ke rendah:

1. Kepulauan Riau
2. DIY Yogyakarta
3. DKI Jakarta
4. Kalimantan Utara
5. Aceh
6. Kalimantan Timur
7. Sulawesi Utara
8. Bengkulu
9. Bali
10. Bangka Belitung
11. Sumatera Barat
12 Sumatera Utara
13. Riau
14. Gorontalo
15. Sulawesi Selatan
16. Sumatera Selatan
17. Kalimantan Tengah
18.Sulawesi Tenggara
19. Kalimantan Selatan
20. Jawa Barat
21. Banten
22. Maluku
23. Jambi
24. Sulawesi Tengah
25 .Jawa Timur
26. Nusa Tenggara Barat
27. Maluku Utara
28. Papua Barat
29. Jawa Tengah
30. Sulawesi Barat
31. Nusa Tenggara Timur
32. Kalimantan Barat
33. Lampung
34. Papua. ***

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Duh! Sulsel Masuk Daerah Malas Membaca di Indonesia"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Umum, Riau
wwwwww