PotretNews.com Minggu 26 Mei 2019
Home > Berita > Riau

Wacana Pembangunan Rutan Baru di Siak; Lahan Ada, Terkendala Dana

Wacana Pembangunan Rutan Baru di Siak; Lahan Ada, Terkendala Dana

Kondisi Rutan Siak usai dibakar.

Selasa, 14 Mei 2019 00:13 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Kelebihan penghuni di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Siak Sri Indrapura, memperparah efek kerusuhan di Rutan ini pada Sabtu (11/5/2019) kemarin.Membangun rutan yang baru begitu mendesak agar overkapasitas atau kelebihan penghuni ini bisa teratasi.

Tapi apa daya, pembangunan rutan baru terkendala dengan dana. Padahal Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak, Riau, sudah menyediakan (menghibahkan,red) lahan seluas 5 hektar.

"Kendala kita di dana. Kalau ada dana, cepat kita bangun semua ini," kata Menkumham RI Yasonna H Laoly saat jumpa pers di halaman Rutan Siak, Senin (13/5/2019).

Ads
Yasonna juga mengaku, hampir semua Rutan dan Lapas di Indonesia overkapasitas. Total 258 ribu penghuni seluruh Rutan dan Lapas di Indonesia saat ini. Padahal, kapasitasnya hanya 128 ribu. "Kapasitas hanya 128 ribu. Tapi penghuninya 258 ribu. Jumlah yang cukup besar," kata dia.

Untuk itu politisi PDIP ini berharap agar pemerintah daerah dapat membantu pembangunan rutan/lapas baru di setiap daerah. "Tidak ada salahnya membantu. Dana pemerintah daerah kan juga ada dari pusat. Seperti DBH. Kalau berkenan bisa disisipkan sedikit bantu kita," ujar Lasonna.

Sebagai contoh, lanjut Lasonna, di Bekasi Jawa Barat. Pemda di sana membangun rutan dan Kantor Imigrasi baru. "Ya.. kalau ada dana dari Pemda Siak dan Pemprov Riau, tidak ada salahnya juga dibantu. Di sini kan banyak minyaknya," canda Lasonna. ***

Kategori : Riau, Siak, Umum, Peristiwa
wwwwww