PotretNews.com Minggu 15 September 2019
Home > Berita > Rohul

Prihatin Banyak yang Cerai Gara-gara Medsos, Rokan Hulu Segera Luncurkan Aplikasi Bimbingan Pernikahan via Android

Prihatin Banyak yang Cerai Gara-gara Medsos, Rokan Hulu Segera Luncurkan Aplikasi Bimbingan Pernikahan via Android

Ilustrasi. (INTERNET)

Minggu, 12 Mei 2019 16:33 WIB
PASIRPANGARAIAN, POTRETNEWS.com - Angka perceraian di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, di tahun 2018 terbilang tinggi, mencapai kisaran 18 persen dari angka pernikahan.Atau sebanyak 702 pasangan dari jumlah 3.890 pasangan nikah di Rohul.

Di antara penyebabnya dipengaruhi kemajuan teknologi informasi. Melihat tingginya angka perceraian tersebut Kementerian Agama (Kemenag) Rohul, berupaya untuk menurunkannya.

Jika penyebab perceraian banyak dipicu kemajuan teknologi informasi, maka Kemenag memanfaatkan kemajuan teknologi informasi tersebut untuk mempererat pernikahan pasangan di masyarakat.

Kepala Kantor (Kakan), Kemenag Rohul, Syahruddin mengungkapkan, 702 pasang bercerai di tahun 2018, yang tercatat di Pengadilan Agama Negeri Pasir Pangaraian diakibatkan beberapa hal.

Ia menambahkan, berdasarkan fakta persidangan, penceraian dapat dipicu banyak faktor.

Satu di antaranya dipengaruhi oleh kemajuan teknologi informasi, yaitu akibat penyalahgunaan media sosial seperti FB, Twitter, dan WA.

Selain itu akibat kurang mengertinya hak dan kewajiban masing-masing pasangan. Melihat tingginya angka perceraian tersebut, Kakan Kemenag Syahrudin resah.

Ia pun dirinya berinisiatif memanfaatkan teknologi dan media sosial sebagai sarana untuk bimbingan pranikah ataupun bimbingan dalam menjaga pernikahan.

Diakuinya, inisiatif ini akan diwujudkan dalam bentuk aplikasi Penasihatan Pernikahan (Aplikasi Sinaskah) yang memuat konten-konten yang dibutuhkan masyarakat sebagai tuntunan hidup berumah tangga dan menjaga keutuhan rumah tangga.

Di jelaskannya, aplikasi Sinaskah itu nantinya dapat dengan mudah dapat diakses melalui HP Android, sehingga pasangan suami istri bisa meminta dan menyampaikan permasalahannya.

”Nantinya, aplikasi Sinaskah ini pertama kali di Indonesia, dibuat oleh Kemenag Rohul. Kalau berhasil akan jadi inovasi besar, dan percontohan di Indonesia," katanya, Ahad (12/5/2019).

Diterangkanya, bahwa aplikasi Sinaskah saat ini tengah persiapan konten yang akan diisi pada aplikasi oleh panitia, dan akan dapat diakses melalui HP Android bagi masyarakat luas, setelah dilaunching pada 20 Juni 2019 mendatang.

Dengan aplikasi ini, Syahruddin mengharapkan bisa meminimalisir angka persecarain di Indonesia khususnya Rohul, karena dampak yang di timbulkan oleh perceraian ini akan banyak.

”Nah nanti kita akan mengunggah konten yang sangat mengedukasi dan dibutuhkan masyarakat dalam menjaga keutuhan rumah tangga sesuai ajaran agama," tambahnya.

Syahrudin mengaku, meski pembinaan pernikahan melalui pemanfaatan Technology canggih, aplikasi Sinaskah diluncurkan nantinya, namun pembinaan dan bimbingan pernikahan secara langsung di Kantor KUA dan Kantor Kemenag Rohul tahun ini tetap dilaksanakan.

”Untuk bimbingan pranikah tetap akan dilaksanakan, karena sudah dianggarkan. Tahun 2019 ini, Kemenag Rohul sudah mengalokasikan dana untuk bimbingan pranikah untuk 375 pasang catin," tandasnya. ***

Artikel ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul "Banyak yang Cerai Gara-gara Medsos, Kemenag Rohul Riau Pun Buat Aplikasi Sinaskah Cegah Perceraian"

Editor:
Akham Sophian
Ads
       
        Loading...    
           
Kategori : Rohul, Umum
       
        Loading...    
           
wwwwww