Satu Keluarga Tak Sadarkan Diri di Riau; Ini Bahaya Tidur Dalam Mobil Berhenti dengan AC Menyala

Satu Keluarga Tak Sadarkan Diri di Riau; Ini Bahaya Tidur Dalam Mobil Berhenti dengan AC Menyala
Senin, 06 Mei 2019 12:42 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Satu keluarga asal Kota Pekanbaru yang berada di mobil Toyota Innova membuat heboh warga sekitaran Masjid At Taqwa, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau karena ditemukan tak sadarkan diri. Dari tiga orang yang ditemukan di dalam mobil, salah satunya meninggal dunia. Peristiwa di dekat Batalyon Infanteri 132 itu diduga karena keracunan gas emisi dalam mobil. Pasalnya pendingin ruangan atau AC ditemukan masih hidup, sementara kaca mobil tertutup rapat.

Melihat kejadian tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat beristirahat di dalam mobil.

"Kalau bicara boleh atau tidak istirahat di dalam mobil, boleh. Tapi ingat, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan," kata Sony , Senin (6/5/2019).

Saat pengemudi lelah dan beristirahat di dalam mobil, Sony menegaskan sebaiknya ada satu orang dari penumpang yang tetap terjaga. Hal ini untuk mengurangi potensi terjadinya kejadian yang tak diinginkan.

"Seperti kalau lagi berkemah, harus ada yang berjaga. Kalau penumpang kan bisa istirahat saat mobil berjalan," ujarnya.

Hal lain yang harus diperhatikan ialah memperhatikan kondisi mobil apakah terawat dengan baik serta lokasi beristirahat.

"Kalau mobil terawat, AC terawat juga, tidak ada kebocoran gas. Lalu yang perlu diingat juga membuka kaca 20 persen agar tetap ada sirkulasi udara dari luar," ujarnya. ***

Artikel ini telah tayang di liputan6.com dengan judul "Sekeluarga Tak Sadarkan Diri di Mobil, Ini Tanggapan Instruktur Safety Driving"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Peristiwa, Kampar
wwwwww