Hari Pencoblosan Pemilu 2019 Tiba, Selamat Memilih Capres dan Caleg Terbaik!

Hari Pencoblosan Pemilu 2019 Tiba, Selamat Memilih Capres dan Caleg Terbaik!

Ilustrasi.

Rabu, 17 April 2019 08:06 WIB
POTRETNEWS.com - Hari ini 17 April 2019 merupakan hari pencoblosan untuk Pemilihan Umum atau Pemilu 2019. Pemilu kali ini adalah untuk memilih presiden dan wakil presiden, serta calon legislatif dari tingkat kota hingga provinsi juga pemilihan senator atau Dewan Perwakilan Daerah. Perjalanan menuju hari ini telah dilalui selama 8 bulan untuk kampanye baik calon presiden dan calon wakil presiden maupun calon legislatif. Masa kampanye yang diwarnai dengan adu dukungan di antara dua kubu calon presiden, bisa dilalui dengan aman dan damai.

Hari ini, seluruh warga negara Indonesia yang telah mempunyai hak pilih bisa menyalurkan aspirasinya untuk kemajuan Indonesia selama lima tahun mendatang. Komisi Pemilihan Umum sejak awal menyerukan agar tidak golput.

”Mudah-mudahan masyarakat paham menggunakan hak pilihnya dan harus memilih siapa," kata Ketua KPU Arief Budiman, Sabtu 5 April 2019.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD ikut bersuara agar kaum milenial yang merupakan salah satu pemilih terbanyak kali ini untuk tidak golput.

Saat ini setidaknya ada 50 hingga 51 juta masyarakat yang tergolong kaum milenial. "Ini sangat potensial untuk menentukan masa depan negara dan bangsa kita lima tahun ke depan seperti apa. Pilihlah yang terbaik," kata Mahfud dalam acara Bincang Milenal bersama Mahfud MD, di Penang Bistro, Jakarta Pusat, Senin, 15 April 2019.

Kepada para pemilih yang ingin menyalurkan hak suaranya di tempat pemungutan suara hari ini perlu memperhatikan formulir C6 atau undangan untuk mencoblos. Perhatikan nomor TPS yang tertera.

Apabila tidak mendapatkan formulir C6, Anda juga bisa mengecek di website lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Di situs tersebut Anda bisa memastikan apakah terdaftar atau tidak dengan hanya memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di kolom pencarian.

Apabila sudah pasti terdaftar, Anda tinggal datang ke TPS membawa KTP elektronik atau formulir C6.

Usahakan Anda sudah memiliki nama-nama yang akan dipilih di bilik suara nanti. Hal ini mengingat akan ada lima lembar surat suara yang dibagikan yaitu untuk surat suara pemilihan presiden, pemilihan DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Untuk warga DKI Jakarta hanya akan mendapat empat suara.

Jika sudah mendaftar di TPS, tunggulah dengan tertib dan patuhi aturan yang berlaku. Setelah memilih celupkan jari Anda ke dalam tinta yang telah disediakan.

Pemilu 2019 adalah pesta demokrasi yang harus kita rayakan, para pendukung calon yang menang tak boleh jumawa, dan pendukung yang kalah haruslah legowo.

Selamat memilih capres dan caleg terbaik!

Artikel ini telah tayang di tempo.co dengan judul "Hari ini Pencoblosan Pemilu 2019, Selamat Memilih"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Politik
wwwwww