Pelaku yang Tembak Kepala Seorang Warga Rokan Hulu hingga Korban Tewas Sudah Rencanakan Perampokan

Pelaku yang Tembak Kepala Seorang Warga Rokan Hulu hingga Korban Tewas Sudah Rencanakan Perampokan

Ilustrasi.

Kamis, 11 April 2019 09:25 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com -  Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Rokan Hulu (Rohul), Riau, AKP Harry Avianto mengatakan, lima pelaku perampokan yang menembak mati seorang ibu rumah tangga, Ramayani (36), warga Rohul telah merencanakan untuk merampok Ramayani. ”Para pelaku terdesak (kebutuhan). Jadi sasaran pelaku yakni Ramayani," kata Harry kepada wartawan di Mapolda Riau, Rabu (10/4/2019).

Korban diketahui memiliki sejumlah usaha, salah satunya menjual minyak tanah di daerah tempat tinggalnya di Desa Rambahsamo Barat, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rohul.

Harry menjelaskan, sebelum berencana merampok, para pelaku mengintai kalung emas yang dipakai korban. Tepat pada Jumat (29/3/2019) sekira pukul 04.00 WIB, para pelaku masing-masing berinisial FP alias Bawok, A alias Anton, A alias Fajar, F dan H melancarkan aksinya. Korban yang saat itu tidur bersama tiga orang anaknya, tiba-tiba terbangun mendengar ada yang masuk ke dalam rumahnya. Korban melihat beberapa pelaku sehingga korban teriak.

”Para pelaku mengaku menghabisi nyawa korban karena korban teriak," kata Harry. Korban dibunuh dengan cara menembak korban di bagian kepala dengan menggunakan senjata api.

Korban tewas di tempat, sementara anak-anak korban diikat pelaku. Usai menembak korban, pelaku kabur dengan membawa sejumlah barang-barang korban berupa tas berisi uang dan kartu ATM.

Aksi rampok sadis itu pun bisa diungkap Polres Rohul dengan dibantu tim Jatanras (Kejahatan dan Kekerasan) Direktorat Reserse Kriminal Polda Riau. Dua orang pelaku, A alias Anton dan H, ditembak karena mencoba melawan petugas saat hendak diamankan.

Senjata api yang digunakan pelaku juga sudah berhasil disita petugas. Harry menyebutkan, para pelaku mengaku sempat berencana melakukan aksi di Sumatera Barat dan di Kabupaten Kampar.

”Masih kami kembangkan di mana saja pelaku melakukan aksi pencurian dengan kekerasan tersebut," ungkap Harry. Empat pelaku ditangkap pada Kamis (5/4/2019) lalu. Sementara pelaku yang mengeksekusi korban, tersangka H, ditangkap pada Minggu (7/4/2019).

Diberitakan sebelumnya, Ramayani (36) ditemukan tewas di rumahnya yang berada di Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, Jumat (29/3/2019). Kapolsek Rambah Samo AKP Dedi Siswanto mengatakan, diduga kuat korban tewas dibunuh. Hal itu terlihat dari hasil pemeriksaan dimana ditemukan luka berat di kepala korban.

”Dugaan sementara aksi pelaku pencurian dengan disertai kekerasan yang mengakibatkan korban, RY meninggal dunia," ujar Dedi saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (29/3/2019). ***

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul "Ini Kronologi 5 Rampok Tembak Mati Seorang Ibu Rumah Tangga di Riau"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Hukrim, Rohul
wwwwww