PotretNews.com Senin 19 Agustus 2019
Home > Berita > Riau

Sungai Puing di Kotogasib Siak Tercemar Lagi, Diduga akibat Limbah PTPN V Lubukdalam

Sungai Puing di Kotogasib Siak Tercemar Lagi, Diduga akibat Limbah PTPN V Lubukdalam

Ikan mati di Sungai Puing diduga akibat limbah PKS PTPN V Lubukdalam/ISTIMEWA

Rabu, 10 April 2019 21:42 WIB
Sahril Ramadana
SIAK, POTRETNEWS.com  - Ribuan ikan yang ada di aliran Sungai Puing Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak, Riau, mendadak mengambang dan mati. Matinya ikan ini diduga akibat limbah yang dibuang pabrik kelapa sawit (PKS) PTPN V Lubuk Dalam.Tercatat, akhir tahun 2018 lalu hal yang sama juga pernah terjadi. Ribuan ikan mati mendadak diduga akibat limbah perusahaan plat merah tersebut mencemari sungai ini.

Paijan (45), warga Kecamatan Koto Gasib mengatakan, ribuan ikan mulai muncul ke permukaan sungai dalam kondisi sekarat sejak Selasa 9 April 2019 kemarin.

"Ikannya banyak yang mabuk dan mati. Air sungai juga seperti keruh dan bau. Saya rasa tercemar limbah PTPN V Lubuk Dalam. Sebab tahun lalu juga pernah terjadi," ujar Paijan, Rabu (10/4/2019).

Ads
Paijan mengatakan, sejumlah warga mulai dari anak-anak hingga orang tua turun ke sungai untuk menangkap ikan yang sekarat dengan alat seadanya.

Kendati dugaan pencemaran sungai akibat limbah PKS PTPN V Lubuk Dalam, sepengetahuan Paijan, belum ada yang melaporkan peristiwa ini ke pihak-pihak terkait. "Setahu saya belum ada. Pihak perusahaan juga sepengetahuan saya belum ada yang mengecek ke lokasi," kata dia.

Hingga berita ini diterbitkan koran online potretnews.com, belum terkompirmasi ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Siak dan manejemen PTPN V Lubukdalam soal dugaan pencemaran limbah tersebut. ***

wwwwww