Habiskan Malam di Dumai, Jokowi Sempatkan Ngopi dan Makan Durian

Habiskan Malam di Dumai, Jokowi Sempatkan <i>Ngopi</i> dan Makan Durian

Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (kanan) dan Gubernur Riau Syamsuar (kiri) mencicipi kopi di Kedai Kopi Arabica, Kota Dumai pada Selasa (26/3/2019)/ANTARANEWS.

Rabu, 27 Maret 2019 09:25 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo sempat bermalam di Kota Dumai setelah melakukan kampanye terbuka Pilpres 2019, di kota pelabuhan di Provinsi Riau itu pada Selasa (26/3/2019). Lalu, apa yang dilakukan Jokowi pada malam hari? Tentu saja, wisata kuliner dan salah satunya adalah "ngopi".

Jokowi sempat mencicipi kopi produksi lokal di kota Dumai, tepatnya di Kedai Kopi Arabica. Dengan mengenakan kemeja putih, Jokowi didampingi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin Erick Thohir, Wakil Ketua TKN Moeldoko, dan Gubernur Riau Syamsuar.

Di dalam kedai kopi sudah menanti puluhan warga yang ingin bersalaman dan ikut berswafoto bersama dengan Jokowi. Di luar kedai kopi bahkan ratusan warga sudah mengerumuni lokasi tersebut sejak sore.

Selain mencicipi kopi yang dibuat kedai tersebut, Jokowi juga mencicipi kopi susu yang dibuat oleh pengusaha kopi setempat yaitu "Vienna coffee".

"Produk-produk unggulan seperti ini harus diangkat jangan sampai hanya jadi produk lokal saja, tapi kalau bisa dinasionalkan seperti Vienna Coffee, ini ini ini, hanya Rp12 ribu," kata Jokowi

Jokowi pun mendorong kopi lokal tersebut untuk dapat sampai ke tingkat global. "Rasanya internasional, harganya sangat lokal, rasanya global, rasa internasional, ini saya sampai habis," tambah Jokowi, menunjukkan gelas kopinya yang sudah tiris.

Sambil menyeruput kopi, Jokowi tidak ketinggalan menyempatkan diri menyapa warga, berswafoto dan berjabat tangan.

Borong Durian
Wisata kuliner Jokowi dilanjutkan dengan makan durian, yang sepertinya tidak ada dalam jadwal malam itu. Mobil yang membawa Jokowi dari kedai kopi Arabica tiba-tiba berhenti di pinggir jalan kota Dumai ketika ingin menuju hotel sekitar pukul 22.00 WIB.

Jokowi lalu keluar dari mobil dan berjongkok memilih durian-durian yang digeletakkan begitu saja oleh penjualnya. Ia mencium aroma sejumlah buah durian untuk mendapatkan durian terbaik. Pedagang pun awalnya tampak kaget lalu dengan cekatan mencari durian terbaik untuk Jokowi.

Menyusul turun dari mobil adalah ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin Erick Thohir dan Wakil Ketua TKN Moeldoko.

Kedatangan Jokowi ke lokasi tersebut langsung menyedot perhatian masyarakat yang mengerumuninya. Seorang warga lalu meminta oleh-oleh durian dari Jokowi. "Pak cobalah dulu Pak yang satu," kata warga.

"Mau? Ya sudah ini," kata Jokowi menyerahkan satu buah durian kepada seorang bapak yang lalu ditepuki warga lainnya. Saat tiba waktunya membayar, sang pedagang mengatakan bahwa harga durian per buahnya adalah Rp30 ribu.

"Jadi Rp30 ribu dikali 10? Rp300 ya?" tambah Jokowi.

Ia lalu mengambil beberapa lembar uang Rp100 ribu dan menyerahkan kepada pedagang tersebut sambil dihitung oleh warga. "Satu, dua, tiga, empat, lima, enam," kata Jokowi sehingga total pembayaran tersebut adalah Rp600 ribu. Sungguh beruntung pedagang itu, yang belanja presiden dan bayar lebih pula. ***

Artikel ini telah tayang di antaranews.com dengan judul "Menginap di Dumai, Jokowi Habiskan malam dengan kopi dan borong durian"

Editor:
Akham Sophian
Kategori : Politik, Dumai
wwwwww