PotretNews.com Senin 21 Oktober 2019
Home > Berita > Riau

DPRD Gelar Paripurna Pengumuman Pergantian Wakil Ketua Dewan dari Fraksi Demokrat

Selasa, 26 Maret 2019 22:12 WIB
Muhamad Maulana
dprd-gelar-paripurna-pengumuman-pergantian-wakil-ketua-dewan-dari-fraksi-demokratWakil Ketua DPRD Riau Sunaryo memimpin rapat paripurna. Di sebelahnya ada ketua dewan, Septina Primawati. (ISTIMEWA)
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau menggelar rapat paripurna pergantian di tingkat pimpinan, Senin (25/3/2019).Jabatan wakil ketua dewan dari Fraksi Demokrat yang sebelumnya dijabat Noviwaldy Jusman, diganti kepada Asri Auzar.

Wakil Ketua DPRD Riau Fraksi PAN, Sunaryo, sebelumnya membacakan usulan yang diterima DPRD dari Dewan Pimpinan Partai (DPP) Demokrat. Usai membacakan usulan, Sunaryo meminta Asri Auzar berdiri dari bangku tempat duduknya dan disambut tepuk tangan seluruh anggota dewan dan tamu yang hadir.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/08052019/potretnewscom_yszvs_1552.jpgSuasana rapat paripurna dengan agenda pengumuman pergantian wakil ketua dewan dari Fraksi Demokrat. (ISTIMEWA)

”Banmus telah menggelar rapat penjadwalan kegiatan pada April, namun yang terpenting ada surat masuk dari DPD Demokrat Riau dengan lampiran dari SK DPP Demokrat. Isinya tentang usulan pergantian Wakil Ketua DPRD dari Fraksi Demokrat. Dalam surat tersebut ada pergantian dari Pak Noviwaldy ke Pak Asri Auzar," jelas Sunaryo.

Menurut Sunaryo, berdasarkan tata tertib DPRD bahwa banmus menilai usulan tersebut sah. Namun prosesnya masih akan dilanjutkan ke Kementerian Dalam Negeri. Setelah SK dari Kemendagri keluar, maka proses pergantian hingga pelantikan sah dilaksanakan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/08052019/potretnewscom_s7fnp_1553.jpgAnggota dewan yang hadir pada rapat paripurna dengan agenda pengumuman pergantian wakil ketua dewan dari Fraksi Demokrat. (ISTIMEWA)

Ads
Sementara itu, Sekretaris DPD Demokrat Riau, Eddy A Mohd Yatim mengatakan pergantian di dalam sebuah organisasi adalah hal yang biasa termasuk pergantian unsur pimpinan di DPRD. Usulan pergantian juga berkaitan dengan penguatan partai besutan SBY itu dalam menghadapi Pemilu 2019. Karena dengan posisi Asri saat ini sebagai Ketua DPD Demokrat, sekaligus unsur pimpinan DPRD akan dengan mudah melakukan konsolidasi ke seluruh pelosok Riau. ”Semua keputusan ini tentunya sudah dipertimbangkan partai. Jadi saya rasa tak ada masalah," katanya.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/08052019/potretnewscom_trvtz_1554.jpgSejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Riau yang menghadiri rapat paripurna. (ISTIMEWA)

Anggota DPRD Riau Fraksi Demokrat, Aherson, juga mengatakan usulan mengenai pergantian pimpinan merupakan kewenangan DPP. Apabila DPP ingin adanya pergantian maka sah-sah saja. Aherson menilai lembaga DPRD akan tetap berjalan baik dengan adanya pergantian unsur pimpinan tersebut.

Adapun proses yang akan berjalan, tutur Aherson, nantinya sekretariat akan mengirim rekomendasi ke gubernur. Setelah dari sana, gubernur akan mengirim rekomendasi ke Kemendagri. Setelah SK Kemendagri keluar baru pelantikan Asri Auzar bisa terlaksana.  ”Menurut aturan main di Kemendagri sekira 14 hari kerja. Semua berjalan saja, tak ada masalah," jelasnya.

Sementara itu, Noviwaldy Jusman mengaku tidak mempersoalkan pergantian yang diusulkan DPP Demokrat. Dia turut mengucapkan selamat kepada Asri Auzar atas rekomendasi yang telah dikeluarkan.

Sebagai kader partai, dia menyatakan siap untuk diperintahkan partai. Selagi hal tersebut menyangkut kepentingan masyarakat luas. Bahkan dirinya juga akan segera melaksanakan serah terima jabatan ketika SK Kemendagri terbit. ***

       
        Loading...    
           
       
        Loading...    
           
wwwwww