Home > Berita > Umum

Warga Natuna Kepri dan Silungkang Sumbar Banyak yang Kena Hipertensi

Warga Natuna Kepri dan Silungkang Sumbar Banyak yang Kena Hipertensi

Gambar hanya ilustrasi. (sumber: internet)

Sabtu, 23 Februari 2019 08:17 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Jika Anda mengira tekanan darah tinggi atau hipertensi hanya dialami oleh masyarakat perkotaan saja, ini salah besar. Faktanya, orang-orang yang hidup di pedesaan bisa terkena hipertensi. Beberapa waktu lalu, ketika berbincang dengan seorang kepala dinas kesehatan dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional 2019 di Tangerang Selatan, Banten Presiden Joko Widodo sempat terkejut mendengar bahwa di wilayah Natuna, Kepulauan Riau banyak orang terkena hipertensi. Salah satu faktor yang bisa meningkatkan kondisi itu kemungkinan besar adalah konsumsi garam.

"Kemungkinan sekali hal itu karena konsumsi garamnya tinggi sekali," kata Prof. Dr. dr. Suhardjono SpPD-KGH, K.Ger kepada Health Liputan6.com di Jakarta ditulis Sabtu (23/2/2019).

Di kesempatan yang sama, Presiden Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia Tunggul Situmorang mengatakan, dahulu di publikasi awal mengenai hipertensi, daerah dengan angka tertinggi di Silungkang, Sumatera Barat. Penyebabnya karena daerah tersebut memang memiliki konsumsi garam yang tinggi. ***

Artikel ini telah tayang di liputan6.com dengan judul "Orang Desa Juga Bisa Kena Hipertensi, Ini Alasannya"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww