Home > Berita > Riau

Gelar Pemilihan di Sela Rapat Pembekalan di Jakarta, Ilham Muhammad Yasir Terpilih Aklamasi sebagai Ketua KPU Riau

Gelar Pemilihan di Sela Rapat Pembekalan di Jakarta, Ilham Muhammad Yasir Terpilih Aklamasi sebagai Ketua KPU Riau

Ilham Muhammad Yasir/AKURAT.

Sabtu, 23 Februari 2019 19:45 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Ilham Muhammad Yasir terpilih menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau periode 2019-2024. Terpilihnya mantan wartawan ini sebagai Ketua KPU Riau yang baru merupakan hasil keputusan rapat kelima komisioner KPU Riau pada Sabtu (23/2/2019) yang berlangsung di Jakarta. Ilham M Yasir mengatakan, ia dan keempat komisioner lainnya akan segera menggelar rapat untuk menetapkan susunan jabatan keempat komisioner lainnya ,seperti Firdaus, Abdul Rahman, Nugroho Noto Susanto dan Joni Suhaidi.

Rapat tersebut akan digelar malam ini juga usai pembekalan yang diberikan oleh KPU Pusat. "Nanti malam langsung rapat, saat ini kami masih pembekalan di Jakarta," ujar Ilham M Yasir.

Ilham M Yasir mengatakan, suksesnya pelantikan para komisioner KPU yang baru ini tak lepas dari dari peranan komisioner periode sebelumnya.

Para komisioner sebelumnya di bawah kepemimpinan Nurhamin diakui Ilham M Yasir memilki andil besar dalam menyiapkan segala tahapan Pemilu 2019, sehingga proses perekrutan hingga pelantikan komisioner periode selanjutnya berjalan lancar.

"Ini juga menjadi amanah dan tanggungjawab yang harus dipikul di tengah-tengah tahapan pemilu yang tinggal menghitung hari menuju hari pencoblosan. Kami yakin dengan kerja kolektif kolegial dan sebagian besar komposisi KPU Riau adalah penyelenggara, maka yakin kita dapat melaksanakan seluruh tahapan pemilu sampai selesai secara baik, dan pengalaman menyelenggarakan Pilgub Riau pada 2018 lalu juga sangat baik," ujarnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU yang baru saja dilantik akan dihadapkan langsung dengan pesta demokrasi Pemilu 2019.

Untuk itu kelima Komisioner KPU Riau yang dilantik Rabu (20/2/2019) lalu jalani pembekalan sebelum bertugas ke daerah asalnya.

"Jadi Pembekalan ini sampai Minggu (2472), semua aspek diberikan terutama dalam tahap pelaksanaan pemilu di daerah,"ujar Ilham Yasir.

Memang Pembekalan Komisioner tahun ini lebih banyak materinya bila dibandingkan sebelumnya karena Pemilu 2019 ini merupakan Pemilu pertama yang serentak dilakukan dari Pemilu Legislatif dan Pilpres.

"Sehingga pelaksanaan juga begitu harus dipersiapkan dengan maksimal," ujar Ilham Yasir.

Sebagaimana diketahui sebelumnya lima Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau periode 2019 - 2024 resmi dilantik Rabu (20/2) di Gedung KPU RI. Pelantikan langsung dipimpin ketua KPU RI Arif Budiman.

Pelantikan yang digelar sekitar pukul 17.30 WIB itu tidak hanya Komisioner dari KPU Riau saja, namun ikut Komisioner KPU Jatim dan beberapa Komisioner dari KPU Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia.

"Pelantikan sudah digelar, tadi pengambilan sumpah bersamaan dengan KPU Jatim dan KPU lainnya, "ujar Sekretaris KPU Riau Rudinal.

Usai pelantikan seluruh Komisioner ini langsung mendapatkan pembekalan dari KPU RI, Pembekalan tersebut dilaksanakan hingga malam, pembekalan ini untuk menghadapi masa Pemilu 2019.

Adapun komisioner KPU Riau yang dilantik tersebut Ilham Muhammad Yasir, Firdaus, Abdul Rahman, Nugroho Noto Susanto, Joni Suhaidi. ***

Artikel ini telah tayang di Tribunpekanbaru.com dengan judul "Ilham Muhammad Yasir Jabat Ketua KPU Riau"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Politik
wwwwww