Home > Berita > Riau

Jalani Prosesi Tepuk Tepung Tawar di LAM Riau, Duet Syamsuar-Edy Natar Diharap Wujudkan Masyarakat Sejahtera

Kamis, 21 Februari 2019 20:27 WIB
jalani-prosesi-tepuk-tepung-tawar-di-lam-riau-duet-syamsuaredy-natar-diharap-wujudkan-masyarakatSyamsuar dan Edy Natar Nasution mengikuti Majelis Tepuk Tepung Tawar di Gedung LAM Riau, Kamis (21/2/2019).
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Setelah dilantik oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Rabu (20/2/2019) di Jakarta, Gubernur Riau Syamsuar dan wakilnya, Edy Natar Nasution kembali ke wilayah yang dipimpinnya. Mereka akan menghadiri serangkaian kegiatan di antaranya mengikuti Majelis Tepuk Tepung Tawar di Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) pada Kamis (21/2/2019).

Tepuk tepung tawar ini merupakan prosesi adat dengan tujuan memberikan berkah untuk mencapai keselamatan dan kesejahteraan, menghapus sial, majal dan duka nestapa agar terhindar dari orang yang akan ditepuk tepung tawar.

Prosesi tepuk tepung tawar yang baru dimulai pukul 17.00 WIB ini dihadiri sejumlah pejabat termasuk mantan Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim dan sejumlah kepala daerah di Riau juga telah hadir di Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau.

Ketua DPH LAM Riau, Syahril Abubakar dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada mantan Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim yang telah menuntaskan kepemimpinan Gubernur Riau sebelumnya yakni kepemimpinan Annas Maamun dan kepemimpinan Arsyadjuliandi Rahman.

"Pertama kepada Datuk Wan Thamrin kami ucapkan terima kasih telah menuntaskan tampuk kepemimpinan Gubernur Riau sebelumnya. Ucapan terima kasih juga kami ucapkan atas kerja Datuk Wan Thamrin karena mata pelajaran muatan lokal yang dilengkapi perda dan pergub," beber Syahril.

Kepada gubernur yang baru yakni Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Syahril Abubakar berharap Provinsi Riau mengalami perubahan yang jauh lebih baik.

"Selamat dan tahniah kepada Datuk Syamsuar dan Edy Natar, semoga dengan kepemimpinan beliau lima tahun ke depan Riau jauh lebih baik, masyarakatnya tenteram dan damai. Masyarakat yang sejahtera. Kami sangat sangat berharap perhatian besar para pemimpin Riau saat ini bisa melahirkan peraturan-peraturan atau perda-perda bernuansa Melayu dan syariah," harapnya.

Usai menggelar prosesi tepuk tepung tawar, Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau memberikan pidato pertamanya sebagai gubernur kepada para tamu undangan dan masyarakat yang hadir di Gedung LAM Riau.

"Pada kesempatan ini tentunya kami berharap dukungan dan doa restu dari masyarakat untuk menjalankan amanah sesuai dengan visi dan program kerja kami. Perlu kami sampaikan juga ke depan kita sudah siapkan ranperda untuk masyarakat Riau, kami juga akan kembangkan Quran Center, mudah-mudahan sebagian rencana kami ini bisa terwujud," ucap Syamsuar.

Di dalam pidato pertamanya, Syamsuar juga menceritakan perjalanan pelantikan dirinya sebagai Gubernur Riau di Istana Negara Jakarta Pusat pada Rabu (20/2/2019) kemarin hingga kembali ke Provinsi Riau.

Untuk diketahui, sebelum prosesi tepuk tepung tawar ini, kedatangan Syamsuar-Edy Natar disambut hangat dengan seni kebudayaan khas Riau seperti pencak silat dan iringan kompang di halaman Gedung LAM Riau. ***

Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww