Home > Berita > Umum

Gubernur Riau Terpilih Bocorkan Kunci Sukses Hadapi Revolusi Industri 4.0

Gubernur Riau Terpilih Bocorkan Kunci Sukses Hadapi Revolusi Industri 4.0

Syamsuar menyampaikan paparan.

Jum'at, 15 Februari 2019 08:12 WIB
Rifal Rafigali
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Pascasarjana Universitas Lancang (Unilak) Pekanbaru menggelar seminar nasional dengan tema peluang dan tantangan investasi daerah di era revolusi industri 4.0 di Aula Pustaka Kampus Pascasarjana Unilak, Kamis(14/2/2019). Hadir dalam seminar ini Rektor Unilak Dr Hasnati SH MH, Direktur Pascasarjana Prof Dr Sudi Fahmi, jajaran wakil rektor, kaprodi, kepala badan/lembaga, dekan, wakil dekan di lingkungan seluruh Unilak.

Sebagai narasumber yaitu Bupati Siak yang juga Gubernur Riau Terpilih Drs Syamsuar MSi, pakar otonomi daerah sekaligus Guru Besar UII Prof Dr Ni'Matul Huda SH MH dan Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan Nasir MSI. Bertindak sebagai moderator adalah mantan Ketua DPRD Riau, Dr drh Chaidir MM

Menurut Ketua panitia seminar, Dr Bahrun SH MH, kegiatan tersebut telah dimulai sejak pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh lebih dari 120 peserta dari mahasiswa Pascasarjana Prodi Magister Manajemen dan Magister Hukum.

”Momen ini sangat penting dan berharga, terimakasih kepada semua pihak atas kerjasama dan juga narasumber yang telah bersedia hadir dalam seminar ini," ujar Bahrun.

Di tempat yang sama, Rektor Unilak Dr Hasnati SH MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema ini adalah topik yang cukup hangat untuk dibahas, terlebih riau adalah daerah yang kaya, dengan potensi dan kekayaan alamyang melimpah, baik daratan maupun bahari, begitu juga dengan perkembangannya termasuk yang terbaik di tanah air.

”Salah satu kelebihan kita adalah suasana kondusif yang selalu terjaga, sehingga saya yakin dan percaya investor melirik daerah ini dengan menanamkan modalnya di Provinsi Riau," ujar Hasnati.

Namun, lanjut dia, selain peluang tentu juga ada tantangan, baik dari era sebelumnya hingga era revolusi industri 4.0 seperti saat ini.

”Sehingga, digital literasi saya rasa menjadi salah satu kunci untuk menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0," imbuh Hasnati.

Sementara itu, dalam pemaparannya, Gubernur Riau Terpilih Drs Syamsuar MSi menjelaskan bahwa ekonomi syariah dapat dijadikan andalan Riau di masa depan dalam menyongsong berbagai peluang dan tantangan investasi di era revolusi industri 4.0 karena selama ini ekonomi syariah dinilai lebih tahan terhadap krisis ekonomi dan mampu menekan inflasi, sehingga dapat mendorong tumbuhnya sektor rill.

Pengembangan ekonomi Islam juga dipastikan lebih berpihak pada ekonomi kerakyatan, sehingga diharapkan dapat menghilangkan sistem bunga sehingga lebih berkah, aman, adil dan transparan dalam profit.

"Karena itu ekonomi syariat perlu dikembangkan dengan memanfaatkan revolusi industri diera digitalisasi ekonomi saat ini," kata Syamsuar.

Ia juga mengingatkan tentang terbuka lebarnya peluang pengembangan ekonomi syariah dengan bantuan revolusi industri 4.0, mengingat 87 persen masyarakat Indonesia adalah umat Islam. Sehingga kebutuhan akan mengembangkan ekonomi syariah peluang pasarnya sangat besar.

”Indonesia akan ambil alih peran Inggris sebagai pelopor ekonomi syariah masa depan. Peluang ini diperkuat dengan Perpres Nomor 91 Tahun 2016 tentang Komite Nasional Keuangan Syariah dan baru saja Menteri Pariwisata menetapkan Riau sebagai destinasi wisata halal," demikian Syamsuar. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww