Temuan Jejak Misterius Diduga Berasal dari Kaki Datuk Belang” Resahkan Warga Kulim Pekanbaru

Temuan Jejak Misterius Diduga Berasal dari Kaki Datuk Belang” Resahkan Warga Kulim Pekanbaru

Petugas BBKSDA Riau melakukan observasi terhadap temuan jejak kaki yang diduga harimau oleh warga Jalan Muslimin, Kelurahan Sialangrampai, Kecamatan Tenayanraya Pekanbaru, Riau/ISTIMEWA.

Kamis, 14 Februari 2019 13:09 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Warga di kawasan Jalan Muslimin, Kelurahan Sialangrampai, Kecamatan Tenayanraya (popular disebut Kulim, red), Pekanbaru, Riau, diresahkan dengan temuan jejak kaki satwa liar dalam 2 hari terakhir. Jejak itu diduga berasal dari kaki harimau Sumatera.

Bhabinsa Ramil 05/Sail Kodim 0301/Pbr Pelda Yudha Batara mengaku mendapat informasi tersebut dari warga pada Selasa (12/2) lalu.

”Temuannya lusa pagi hari. Ada banyak, mereka duga itu jejak kaki harimau," ungkap Yudha kepada wartawan, Kamis (14/2/2019).

Berdasarkan keterangan warga, mereka beberapa kali berjumpa dengan sosok Si Datuk. "Sudah lama nggak muncul, sekarang muncul lagi. Pernah katanya warga berjumpa malam dan siang. Itu jejaknya dijumpai di jalan yang sering warga lewati juga," tuturnya.

Atas temuan itu, warga menjadi resah. Mereka khawatir keluar rumah saat malam hari. Bahkan ada papan imbauan yang dipasang agar warga berhati-hati.

Menindaklanjuti informasi ini, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau langsung melakukan peninjauan ke lokasi. Ada beberapa anggota yang diturunkan untuk melakukan observasi terhadap jejak tersebut.

”Kami dengan masyarakat dan RT setempat. Dari hasil pemantauan kami di lapangan, itu merupakan jejak satwa tapir bukan harimau," terang Kabid Wilayah II BBKSDA Riau Heru Sutmantoro.

Sembari melakukan observasi, BBKSDA juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai satwa-satwa yang dilindungi. Jika menemukan adanya satwa liar dan dilindungi, warga diminta segera menghubungi petugas BBKSDA Riau atau aparat setempat. ***

Artikel ini telah tayang di jawapos.com dengan judul "Temuan Jejak Kaki Satwa Liar Resahkan Warga Kulim Pekanbaru"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pekanbaru, Peristiwa
wwwwww