PotretNews.com Selasa 26 Maret 2019
Home > Berita > Riau

Petani Sawit di Riau Cenderung Pilih Capres Nomor Berapa?

Petani Sawit di Riau Cenderung Pilih Capres Nomor Berapa?

Ilustrasi.

Jum'at, 08 Februari 2019 19:20 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) area Riau, Gulat Medali Emas Manurung, tak menampik anggapan petani Sawit di Riau bakal cenderung memilih Jokowi-Ma'ruf.Sebelumnya pengamat politik dari Universitas Riau, Tito Handoko, menyebut masyarakat yang menggantungkan hidupnya dengan kelapa sawit, khususnya petani perkebunan sawit, termasuk kelompok yang bakal memilih paslon nomor urut 01 pada pilpres kali ini.

Berbincang dengan media, Gulat mengatakan sebagai pemilih, petani sawit tentu juga punya penilaian terhadap kedua paslon. Menurutnya adalah wajar bila petani sawit di Riau lebih memilih sosok Jokowi-Ma'rruf.

Kata Gulat, di era Jokowi komoditi sawit yang dulunya terkesan autopilot kini mulai banyak mendapat sentuhan kepedulian dari pemerintah.

Ads
"Peremajaan sawit itu bisa dijadikan contoh, dimana Istana punya kepekaan terhadap komoditi strategis ini. Ini belum bicara Tanah Objek Reformasi Agraria," ungkapnya, Jumat (8/2/2019).

Pria berkepala plontos itu menambahkan, peremajaan kelapa sawit dengan bantuan Rp25 juta per hektar teramat membantu petani sawit. Terlebih banyak kelapa Sawit di Riau, khusunya milik petani berusia diatas 20 tahun.

Gulat pun menyebut, gencarnya diplomasi sawit yang dilakukan pemerintah untuk memproteksi komoditi ini di luar negeri, merupakan contoh lainya bentuk kepedulian pemerintah yang pada akhirnya turut dirasakan petani sawit.

"Itu belum termasuk efek yang bakal ditimbulkan oleh penerapan bahan bakar campuran minyak sawit dengan Solar secara massif, baik untuk varian B20, B30 bahkan mungkin kelak B50," ujarnya.

Sebagai informasi luas perkebunan Sawit rakyat di Riau mencapai angka lebih kurang 3 juta hektar, di mana sekitar 60% atau 1,8 juta hektare dimiliki petani.

Jumlah anggota Apkasindo Riau sendiri lebih kurang 500 ribu petani, itu belum termasuk petani yang tergabung dalam organisasi lainnya semisal Sawit Masa Depan Ku (Samade). ***

Artikel ini telah tayang di gatra.com dengan judul "Kemana Preferensi Politik Petani Sawit di Riau?"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Politik
wwwwww