Selama Imlek, Banyak Warga Pekanbaru Kunjungi Selatpanjang Naik Kapal Jelatik

Selama Imlek, Banyak Warga Pekanbaru Kunjungi Selatpanjang Naik Kapal Jelatik

KM Jelatik, salah satu kapal dengan rute Pekanbaru-Selatpanjang ini, telah lama menjadi tumpuan masyarakat di kedua kota saat berpergian/GATRA

Rabu, 06 Februari 2019 10:52 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Kota Selatpanjang di Kepaluauan Meranti, sebagai salah satu kota tempat bermukimnya perantau membuat wilayah ini banyak dikunjungi warga dari Pekanbaru. Menurut Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan Kepelabuhan Kantor (KSOP) Selatpanjang, Ade Kurniawan, Kota Pekanbaru termasuk salah satu trayek yang banyak digunakan penumpang untuk ke Selatpanjang.

”Pekanbaru termasuk yang banyak asal penumpang. Selain Dumai, Bengkalis dan Kepulauan Riau," ungkapnya, Selasa (5/2/2019).

Sebagai informasi, rute Pekanbaru-Selat Panjang dilayani oleh tiga kapal boat dengan kapasitas 100 hingga 106 penumpang. Ketiga kapal tersebut berangkat dua kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan siang hari.

Adapun momen imlek di Selatpanjang setiap tahunnya memang berlangsung meriah. Hal ini tidak terlepas dari status Selatpanjang sebagai kantong penduduk etnis Tionghoa di Riau.

Ade memprediksi jumlah penumpang yang masuk ke Selatpanjang melalui Pelabuhan Tanjung Harapan diprediksi bakal meningkat 10 hingga 15 persen dari tahun sebelumnya.

"Dihitung mulai dari H-3 itu sudah sekitar 2000 penumpang yang masuk ke pelabuhan Selatpanjang. Dan di H-2 itu sekitar mendekati 4000 pengunjung," sebutnya.

Mutia (23) penumpang asal Pekanbaru yang hendak ke Selat Panjang, mengatakan momen Imlek meski menjadi hari yang dirayakan etnis Tionghoa, tetap saja menjadi hari yang meriah bagi seluruh penduduk di Selatpanjang. Oleh sebab itu Mutia mengaku menyempatkan diri pulang ke kampung halaman.

"Sempatin pulang naik Jelatik. Libur juga kan soalnya, sekalian lihat Festival Perang Air. Mana tahu dapat angpao," ujarnya sambil tertawa.

Sebagai informasi, Kapal Jelatik merupakan kapal yang dapat mengangkut penumpang hingga lebih dari 100 orang. Kapal dari bahan kayu ini, telah lama memainkan peran penting bagi transportasi warga Selatpanjang menuju Pekanbaru. ***

Artikel ini telah tayang di gatra.com dengan judul "Selama Imlek, Warga Pekanbaru Kunjungi Selatpanjang"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Meranti, Umum
wwwwww