Home > Berita > Rohil

Rumah Pompa SPAM yang Roboh Saat Pembangunan di Rokan Hilir Disebut Proyek Milik Kementerian PUPR

Rumah Pompa SPAM yang Roboh Saat Pembangunan di Rokan Hilir Disebut Proyek Milik Kementerian PUPR

Rumah pompa yang roboh di Tanahputih, Rokan Hilir.

Rabu, 09 Januari 2019 15:50 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Bangunan rumah pompa sistem penyediaan air minum (SPAM) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, roboh. Padahal, proyek Kementerian Pekerjaan Umum Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut masih dalam tahap pengerjaan oleh kontraktor.

Air bersih ini diperuntukkan untuk masyarakat di tiga daerah, yakni Dumai, Rohil, dan Bengkalis (Durolis). Namun, akibat robohnya bangunan tersebut, masyarakat menjadi tertunda untuk mendapatkan air bersih.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Riau Dadang Eko Purwanto membenarkan terkait robohnya rumah pompa SPAM di Rohil tersebut.

”Iya, benar. Saya dapat informasi robohnya pada Jumat (4/1/2019) lalu. Tapi, itu masih tanggung jawab kontraktor," ujar Dadang, Rabu (9/1/2019).

Dia mengatakan, proyek ini milik Kementerian PUPR. Setelah selesai dibangun, nantinya akan diserahterimakan ke Provinsi Riau. Terkait robohnya rumah pompa SPAM, tambah dia, pihak kontraktor rekananan Kementerian PUPR akan mengerjakan kembali pembangunan tersebut.

”Informasi yang saya dapat, pihak rekanan (kontraktor) juga siap bertanggung jawab," sebut dia. Dadang mengaku, sebenarnya bukan kewenangan dia untuk menjawab soal robohnya rumah pompa SPAM tersebut.

”Bukan kewenangan saya, karena itu (proyek) Kementerian PUPR. Bisa konfirmasi ke Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III," ujar Dadang.

SPAM Proyek air bersih tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Lantas, apakah robohnya rumah pompa SPAM ini akan menimbulkan kerugian negara?

Kepala BWSS III di Pekanbaru, Asmelita saat dihubungi Kompas.com belum memberikan jawaban. Saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Asmelita juga tidak menjawab. ***

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sedang Dibangun, Rumah Pompa SPAM Proyek Kementerian PUPR di Riau Roboh"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Rohil, Umum
wwwwww