Home > Berita > Riau

Masuki Usia 74 Tahun, Wan Thamrin Hasyim Resmi Jabat Gubernur Riau

Masuki Usia 74 Tahun, Wan Thamrin Hasyim Resmi Jabat Gubernur Riau

Jokowi Lantik Gubernur Riau dan Bengkulu Presiden Joko Widodo melantik Wan Thamrin Hasyim menjabat gubernur Riau dan Rohidin Mersyah sebagai gubernur Bengkulu. (foto: istimewa.)

Senin, 10 Desember 2018 15:50 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Presiden Joko Widodo melantik Wan Thamrin Hasyim menjabat gubernur Riau dan Rohidin Mersyah sebagai gubernur Bengkulu. Pengukuhan berlangsung di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 214/p dan Keppres Nomor 215/p. Proses pelantikan diawali dengan kirab kedua gubernur yang dipimpin Presiden Jokowi dan diikuti Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Rombongan berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Kedua kepala daerah tampak menenteng keppres yang diserahkan Jokowi di Istana Merdeka.

Begitu sampai di Istana Negara, keppres dibacakan. Jokowi kemudian memandu Wan Thamrin dan Rohidin mengambil sumpah jabatan di bawah kitab suci.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhui kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata Wan Thamrin dan Rohidin di Istana Negara, Gambir, Jakarta Pusat, Senin, 10 Desember 2018.

Wan Thamrin yang lahir di Bagansiapiapi, Riau, 27 Desember 1944 (umur 73 tahun) pun menjabat sebagai gubernur menggantikan Arsyadjuliandi Rachman yang memilih mundur. Setelah kalah di pilgub Riau, Arsyadjuliandi memutuskan maju menjadi caleg di Pileg 2019.

Sementara itu, Rohidin Mersyah sebelumnya adalah pelaksana tugas gubernur Bengkulu. Dia menggantikan Ridwan Mukti yang divonis delapan penjara dan denda Rp400 juta subsider dua bulan penjara atas kasus pemberian fee proyek di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). ***

Tulisan ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Jokowi Lantik Gubernur Riau dan Bengkulu

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Politik
wwwwww