Home > Berita > Umum

Kali Pertama di Pekanbaru, Umri Dipercaya sebagai Tuan Rumah Pelatihan Auditor Mutu Internal PTMA

Selasa, 20 November 2018 15:43 WIB
Muhamad Maulana
kali-pertama-di-pekanbaru-umri-dipercaya-sebagai-tuan-rumah-pelatihan-auditor-mutu-internal-ptmaPelatihan dan Sertifikasi Auditor Mutu Internal Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah di Pekanbaru.
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Untuk kali pertama di Pekanbaru, Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan Pelatihan dan Sertifikasi Auditor Mutu Internal Perguruan Tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA).
Diikuti puluhan peserta dari dalam maupun luar Riau, kegiatan yang bertujuan untuk mencetak para auditor dan meningkatkan mutu internal perguruan tinggi di wilayah Muhammadiyah tersebut dilaksanakan pada 20-23 November 2018.

Wakil Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof Dr Edy Suandi Hamid mengatakan, penjaminan mutu bukanlah semata-mata karena peraturan pemerintah, melainkan suatu keniscayaan yang harus menjadi gerakan kesadaran dari kemuhammadiyahan itu sendiri sehingga dapat mencapai peningkatan internal mutu perguruan tinggi yang berkelanjutan.

Selain itu, imbuhnya, pelatihan dan sertifikasi tersebut juga ditujukan sebagai wadah untuk mencocokkan kesesuaian standar perguruan tinggi.

”Kegiatan ini baru pertama kali kita adakan di sini (Pekanbaru). Maksud kegiatan ini supaya kita punya auditor di lingkungan Muhammadiyah. Auditor yang terampil dan memahami bagaimana merancang dan mempersiapkan sistem Audit Mutu Internal (AMI) di PTMA. Apalagi AMI merupakan siklus penjaminan mutu yang sangat penting,” ujarnya di sela membuka kegiatan tersebut, Selasa (20/11/18).

Di lokasi yang sama, Rektor Umri Dr Mubarak menjelaskan, pelatihan dan sertifikasi tersebut diikuti oleh kurang lebih 78 peserta dari berbagai perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia. Termasuk 10 peserta dari perwakilan Umri.

Selama pelatihan itu, para peserta nantinya juga akan mengikuti beragam metode dan materi yang terdiri dari diskusi informasi, pengalaman dan praktek untuk merancang Sistem Audit Mutu Internal serta pelatihan Auditor Mutu Internal di PTMA yang terintegrasi dengan standar Dikti dan 9 standar BAN-PT.

"Kita berharap peserta dari Umri bisa lolos seleksi di pelatihan ini. Sehingga Umri bisa melahirkan banyak auditor untuk mewujudkan penjaminan mutu internal yang lebih baik," demikian Mubarak. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww